skip to main | skip to sidebar

About me

Foto Saya
Anna Muawana
ASSALAMU'ALAIKUM. WR. WB Terimakasih sudah mau berkunjung :) I'm Anna Mu'awana or Anun | 22111992 | Alumni PEA'10 UNSRI | NIDJIholic Palembang | JobSeeker | Blue | YOT Palembang | Blogger UNSRI | Dreamer and I believe, I Can Make My Dreams Come True! Aamiin :)
Lihat profil lengkapku

i am #bloggerUNSRI

i am #bloggerUNSRI

Kawancut Palembang

Kawancut Palembang

Twitter

Tweets by @annamuawana

Followers

Labels

  • AKU
  • Artikel
  • BebasPosting
  • Berita
  • BOOK
  • Buka Bersama 2011
  • Campus
  • curcol :D
  • Event
  • FYI
  • Gathering
  • GS
  • idol
  • ilmu
  • KancutKeblenger
  • Lebaran
  • MNW
  • Motivasi
  • Music
  • NIDJI
  • Tugas
  • UNSRI
  • Vocation
  • Wisuda

Popular Posts

  • Sea Games XXVI South Sumatera
    11-11-2011 Yaaaah siapa yang tidak merayakan event spectacular yang satu ini "SEA GAMES XXVI" yang dilaksanakan di Palembang .....
  • Musicology AlterEgo Palembang (NIDJI) at BKB
    Assalamualaikum.wr.wb. .... Hello bloggers.. setelah di wisuda gue ga sempet posting apa kegiatan gue nih... Well.. karena kelar kuli...
  • HAPPY XXI
    ALHAMDULILLAH XXI HAPPY BIRTHDAY TO ME ! BARAKALLAH ! Assalamualaikum Blogger... Hari ini (22 November 2013) usia gue bertamba...
  • RPP SMA Kelas X (2)
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah             : SMA Negeri 3 Palembang Mata Pelajaran            : Ekonomi Ke...
  • What! Amazing Day! #4mazingKK
    Assalamu'alaikum.wr.wb... Selamat datang bulan maret... Selamat datang harapan baru... Semoga harapan lama segera terwujud di bulan ...
  • Lebaran 1435 H
    ASSLAMU'ALAIKUM.WR.WB. Alhamdulillah Ramadhan tahun ini masih bareng-bareng keluarga tersayang. Semoga puasa kita semua berka...
  • Espedeee! (My Graduation)
    Assalamualaikum.wr.wb. Seneng? Sedih? Haru? Nervous? Seru? Capek? Pegel? Bahagia? Iya itu yang gue rasain sekarang !!! Akhirnyaaaaa...
  • Live Chat Bareng Giring
    Asslamualaikum.wr.wb brothers n sisters.... Tadi sore gue lagi buka-buka instagram dan di time line gue ada yang kayak beginian : ...
  • What do you love most about the country you live in?
    culture of every region in my country hey guys ask me yow ;)
  • Follow My Instagram Guys : @annanurahman

Archivo del blog

  • ► 2015 (5)
    • ► Maret (1)
    • ► Januari (4)
  • ► 2014 (6)
    • ► Agustus (2)
    • ► April (1)
    • ► Januari (3)
  • ▼ 2013 (37)
    • ► Desember (1)
    • ► November (1)
    • ► September (6)
    • ▼ Juli (10)
      • BukBer NIDJI 2013
      • PEERTEACHING
      • RPP SMA Kelas XI (2)
      • RPP SMP Kelas IX (1)
      • RPP SMA Kelas X (2)
      • RPP SMP Kelas VIII (1)
      • I MISS U ABA ...
      • Allah Knows
      • BBN GRATIS!
      • Musical Genres
    • ► Juni (6)
    • ► Mei (7)
    • ► April (5)
    • ► Januari (1)
  • ► 2012 (10)
    • ► Mei (1)
    • ► April (2)
    • ► Maret (5)
    • ► Februari (1)
    • ► Januari (1)
  • ► 2011 (22)
    • ► Desember (1)
    • ► November (2)
    • ► September (4)
    • ► Agustus (7)
    • ► Juli (6)
    • ► April (2)

Subscribe To

Postingan
    Atom
Postingan
Komentar
    Atom
Komentar

Profile Nidji

Profile Nidji
Giring Ganesha Jumaryo (Giring : Vocalist ) Jakarta,14 Juli 1983 gganesha@yahoo.com @giring_ganesha

Randy Danistha ( Run-D : kibor ) 09 Oktober 1984 run-dsmeggy_72@hot.com @Rundnidji72

Muhammad Adri Prakarsal ( Adri : Drummer ) Jakarta,13 Mei 1983 nidji_adri@yahoo.com @adrinidji

Muhammad Andro Regantoro ( Andro : Bass Guitar ) 19 Januari 1984 androniji@gmail.com @andronidji

Muhammad Ramadhista Akbar ( Rama : Gitaris ) Jakarta,06 Juni 1984 nijirama@gmail.com @rama_nidji

Andi Ariel Harsya ( Ariel : Gitaris ) Jakarta,31 Agustu 1983 nijiariel@yahoo.com @arielnidji

Text Widget

Categories

  • AKU (37)
  • Artikel (5)
  • BebasPosting (18)
  • Berita (3)
  • BOOK (1)
  • Buka Bersama 2011 (4)
  • Campus (11)
  • curcol :D (22)
  • Event (11)
  • FYI (10)
  • Gathering (2)
  • GS (3)
  • idol (1)
  • ilmu (13)
  • KancutKeblenger (1)
  • Lebaran (2)
  • MNW (1)
  • Motivasi (2)
  • Music (10)
  • NIDJI (11)
  • Tugas (8)
  • UNSRI (1)
  • Vocation (2)
  • Wisuda (1)

Popular Posts

  • HAPPY XXI
    ALHAMDULILLAH XXI HAPPY BIRTHDAY TO ME ! BARAKALLAH ! Assalamualaikum Blogger... Hari ini (22 November 2013) usia gue bertamba...
  • NIDJI
    Hallo.. karena gue suka banget sama NIDJI a.k.a NIDJIholic nih gue kasih ☞ all about NIDJI . check this one out ! (eh......) ...
  • Musicology AlterEgo Palembang (NIDJI) at BKB
    Assalamualaikum.wr.wb. .... Hello bloggers.. setelah di wisuda gue ga sempet posting apa kegiatan gue nih... Well.. karena kelar kuli...
  • MY SWEET 19th :)
    Assalamualaikum my blog... Sudah lama tidak coret-coret nih.. Bulan November ini gue bahagia sekali .. Kenapa? Semua apa yang g...
  • RPP SMP Kelas VIII (1)
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Palembang Mata Pelajaran            : Ilmu Pengeta...
  • FIRST TIME GO TO MUSIC CONCERT
    Assalamualaikum bloggerssss (senyum-senyum sendiri) hahahahaha OMG !!! Semalam itu unforgettable moment banget . Awwww ini kedua kali ny...
  • Marhaban Ya Ramadhan
    Marhaban Ya Ramadhan teman-teman .... hari ini tepat seminggu kita menjalankan ibadah puasa Alhamdulillah yaaah :) Seperti biasa, sebelum p...
  • Medley song child, sudah, kau dan aku - NIDJI
    aaaaaak ini nih video yang gue record  @nidji  - medley child, sudah, kau dan aku <3
  • TAJUK!
    TAJUK 2013  | Pelatihan Jurnalistik Kampus 2013 Untuk pertama kalinya Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya (  LPMGSUNSRI  ) men...
  • Hatiku Bicara
    hati ku bicara ku menyukai mu hati ku bicara ku menginginkan mu hati ku bicara dan terus berkata namun, lisan ku tak mampu bicara ? e...

ANUN

Don't hate the media, become the media!!!

Kamis, 25 Juli 2013

RPP SMP Kelas VIII (1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VIII / I (Satu)
Standar Kompetensi   : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat                                         
Kompetensi Dasar       : 4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Indikator                     : 4.3.1  Mendeskripskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi
masyarakat.
  4.3.2  Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
  4.3.3  Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing       -masing.
  4.3.4  Mengidentifikasi ciri-ciri pasar kongkret.
  4.3.5  Mengidentifikasi ciri-ciri pasar abstrak.
Alokasi Waktu            : 1 x 30 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
2.      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
3.      Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
4.      Mengidentifikasi ciri-ciri pasar kongkret beserta contohnya.
5.      Mengidentifikasi ciri-ciri pasar abstrak beserta contohnya.
v  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B. Materi Pembelajaran
a)      Pengertian dan Fungsi Pasar
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut pengertian pasar secara kongkret.
Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar lebih dititikberatkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli disebut pasar, dan jika tidak ada kegiatan jual beli disebut bukan pasar. Pasar dapat terbentuk dimana saja dan kapan saja, di dalam bis, di terminal, di halte, dan lain-lain. Bahkan transaksi jual beli  juga bisa terjadi lewat surat, radio, internet, dan lain-lain.  Pengertian pasar menurut ilmu ekonomi tersebut disebut pasar abstrak.
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut:
1.      Adanya penjual.
2.      Adanya pembeli,
3.      Tersedianya barang yang diperjualbelikan,
4.       Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli anatara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Adapun fungsi pasar dalam kegiatan ada tiga macam, yaitu:
1.      Fungsi Distribusi
Dalam kegiatan distribusi,  pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dan dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar memiliki fungsi distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen.
Salah satu kegiatan ekonomi yang pokok  adalah kegiatan distribusi atau kegiatan penyampaian barang dan jasa hasil produksi kepada konsumen. Untuk melakukan kegiatan distribusi tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana di antaranya adalah pasar.
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari dari produsen ke konsumen., melalui transaksi jual beli, produsen dapat memasarkan hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainya. Melalui transaksi jual beli itu pula, konsumen dapat memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya secara mudah dan cepat. Jika pasar dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi dapat berjalan dengan lancer, tetapi jika pasar tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang lancar.
2.      Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli terebih dahulu dilakukan tawar menawar, sehingga diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga.
3.      Fungsi Promosi
Pasar merupakansarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak dikunjungi  para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan  dengan berbagai cara, misalnya memasang spaduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli, dan sebagainay.

b)     Bentuk-Bentuk Pasar
     Pasar merupakan sarana kegiatan ekonomi yang paling penting. Bentuk-bentuk pasar dapat                          diklasifikasikan sebagai berikut:
1.      Bentuk Pasar Menurut Sifat/Wujud Barang Dan Cara Penyerahannya
Berdasarkan sifat barang dan cara penyerahannya, pasar dibedakan menjadi:
a.      Pasar kongret
Pasar kongret, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual dan pembeli bertemu langsung.
Contoh: pasar mangga dua, pasar 16
Cirri-ciri pasar kongkret:
1.      Transaksi dilakukan secara tunai.
2.      Barang dapat dibawa/diambil saat itu juga.
3.      Barang yang dipejual belikan benar-benar ada/nyata.
4.       Penjual dan pembeli bertemu langsung.
b.      Pasar abstrak
Pasar abstrak , yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara langsung dan antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung.
Cirri-ciri pasar abstrak:
1.      Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya.
2.      Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya.
3.      Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja,
4.      Transaksi dilakukan dalam partai besar.
Contoh pasar abstrak yang lagi trend terutama bagi masyarakat kalangan atas sekarang ini adalah belanja barang secara on line lewat internet.

2.      Bentuk Pasar Menurut Luas Wilayah Kegiatanya
Berdasarkan luas wilayah kegiatannya, pasar dapat dibedakan menjadi:
a.        Pasar regional
Pasar regional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa Negara pada wilayah tertentu. Pasar ini biasanya di bawah naungan wadah kerja  sama regional, misalnya di kawasan asia tenggara di bentuk AFTA.
b.    Pasar internasional
Pasar internasional adalah pasar yang daerah pemasarannya mencakup seluruh kawasan dunia. Pasar ini juga disebut pasar dunia, karena menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh semua masyarakat dunia, misalnya pasar kopi di brasil, pasar wol di Sidney, Australia.
c.       Pasar local
Pasar local adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, dan pada umumnya menawarkan barang yang dibutuhka masyarakat. Misalnya pasar klewer di solo yang menyediakan berbagai jenis batik,karena masyarakat di solo dan sekitarnya banyak yang mengenakan batik.
d.      Pasar nasional
Pasar nasional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu Negara.pasar ini menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat Negara tersebut.

3.      Bentuk Pasar Menurut Organisasi Pasar/Hubungan Antara Penjual & Pembeli
Berdasarkan organisasi pasar, pasar dapat dibedakan menjadi:
a.        Pasar persaingan sempurna (perfect compettion market)
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli.
1.      Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan.
2.      Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna.
3.      Penjual dan pembeli banyak.
4.      Barang yang diperjualbelikan bersifat homogeny.
b.      Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market)
Pasar persaingan tidak senpurna adalah pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:
1.      Terdapat hambatan untuk memasuki pasar.
2.      Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas.
3.      Jumlah penjual sedikit.
4.      Barang yang diperjualbelikan bermacam-macam.
Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya:
a.      Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh penjual. Penjual mempunyai kekuasaan yang mampu memaksakan kemauanya, baik dalam bentuk harga, volume, tempat, maupun waktu pembelian barang yang akan dijualnya. Karena penjual dalam pasar monopoli tidak mempunyai pesaing, ia dapat menaikan  atau menurunkan harga dengan cara mengubah jumlah barang yang ditawarkan. Contoh: PLN menguasai listrik di Indonesia, PT pos Indonesia memonopoli penjualan benda-benda pos Indonesia.
 Cirri-ciri pasar monopoli, antara lain:
1.      Terdapat satu penjual dan banyak pembeli.
2.      Harga ditentukan secara sepihak oleh penjual.
3.      Tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang dijualbelikan dengan sempurna.
4.      Ada halangan yang kuat bagi penjual baru untuk masuk dalam.
Hambatan-hambatan yang sering terjadi pada pasar monopoli antara lain:
1.        Penetapan harga serendah mungkin.
2.         Ada kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif.
3.        Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distributor.
4.        Adanya skala ekonomis yang besar.
5.         Memiliki sumber daya yang unik.
 Penyebab timbulnya pasar monopoli antara lain:
1.        Ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang.
2.        Penggabungan dari berbagai perusahaan.
3.         Adanya hak cipta atau hak paten atas hasil karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan.
b.      Pasar duopoli
Pasar duo poli yaitu, pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh: penawaran minyak pelumas yang dikuasai oleh Caltex dan pertamina.
Cirri-ciri pasar duo poli, yaitu:
1.      Terdapat dua penjual dan banyak pembeli.
2.      Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.
c.       Pasar oligopoli
Pasar oligopoly adalah pasar dimana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar ini saling mempengaruhi satu sama lain. Sifat ini menyebabkan satu perusahaan harus mengambil keputusan secara hati-hati dalam mengubah harga, mengubah desain produk atau mengubah teknik produksi. Contoh: penawaran sepeda motor yang dikuasai oleh beberapa perusahaan di antaranya Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki.
Ciri-ciri pasar oligopoly, yaitu:
1.          Terdapat banyak pembeli di pasar.
2.          Hanya ada beberapa penjual.
3.          Produk yang dijual bersifat homogeny dan juga bisa berbeda namun memenuhi standar mutu.
4.          Terdapat hambatan untuk menguasai pasar bagi perusahan baru.
5.          Adanya saling ketergantungan.
6.          Penggunaan iklan sangat intensif.
d.      Pasar monopolistic
Pasar monopolistic adalah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi.
Cirri-ciri pasar monopolistic
1.        Terdapat banyak produsen.
2.         Produk yang diperjualbelikan sama (homogen), tetapi dengan berbagai macam variasi.

4.   Menurut waktu penyelenggaraannya
                  Berdasarkan waktu penyelenggaraanya, pasar dapat dibedakan menjadi
a.      Pasar harian
Pasar harian adalah pasar yang dilakukan setiap hari. Contohnya pasar-pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh: Pasar Satelit Perumnas Sako, Pasar Lemabang.
b.      Pasar mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang dilakukan hanya setiap minggu sekali.biasanya nama pasar ini diambil dari nama hari  pelaksanaannya, contohnya pasar senin, pasar minggu, pasar rebo dan lain-lain.
c.       Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang dilakukan setiap bulan sekali. Pasar bulanan biasanya terdapat disekitar pabrik dan dibuka setiap kali karyawan pabrik tersebut menerima gaji.
d.      Pasar tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setahun sekali. Pasar ini diselenggarakan berkaitan dengan acara atau kegiatan dan sering digunakan sebagai ajang promosi atau pameran. Contohnya pekan raya Jakarta (PRJ), pasar sekaten di Jogjakarta dan solo.

5.   Pasar Menurut  Jenis Barang Yang Diperjualbelikan
Berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, pasar dibedakan menjadi:
a.      Pasar barang distribusi
Pasar barang distribusi adalah pasar yang menjual  faktor-faktor produksi. Miasalnya bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan lain-lain.
b.      Pasar barang konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang secara langsung dapat dikonsumsi/dipakai.contohnya pasar buah, pasar ikan, pasar pakaian, dan lain-lain.

C. Pendekatan
Student Centered Learning

D. Metode Pembelajaran
1.      Inquiry
2.      Ceramah Bervariasi
3.      Tanya Jawab
4.      Penugasan
5.      Pengamatan

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
a.       Guru mengucapkan salam kepada siswa.
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas.
c.       Apersepsi
·         Guru menanyakan kembali materi minggu lalu tentang pelaku ekonomi.
·         Di pasar tradisional biasa diketahui adanya produsen, konsumen, dan lain-lain.
·         Di pasar tradisional bisa dijumpai penjual dan pembeli serta barang yang diperdagangkan.
·         Contoh-contoh kegiatan yang dilakukan penjual dan pembeli di pasar.
d.      Motivasi : Dengan mengajukan pertanyaan :
·         Apakah kalian pernah belanja di pasar ?
·         Apa dan siapa yang kamu jumpai di pasar ?
·         Guru menyebutkan tujuan materi pembelajaran hari ini.

5 menit
B.     Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
a.       Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi pasar yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b.      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
c.       Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
d.      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·         Elaborasi
e.       Guru menjelaskan  pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat melalui media power point yang telah disediakan.
f.       Guru menjelaskan syarat-syarat pasar melalui media power point yang telah disediakan.
g.      Guru menjelaskan macam-macam pasar melalui power point yang telah disediakan.
h.      Tanya jawab tentang contoh-contoh dari macam-macam pasar.
i.        Guru menjelaskan cirri-ciri pasar kongkret dan pasar abstrak.
·         Konfirmasi
j.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
k.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari temannya tersebut.
l.        Guru mengklarifikasi atas jawaban dan memberikan penguatan terhadap jawaban siswa tersebut.
20 menit
C.    Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan pada hari ini.
b.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah.
c.       Guru memberitahu siswa mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
d.      Pemberian nasehat.
5 menit

F. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Alat / Bahan                       : Laptop (Power Point), LCD, Karton, Spidol,
  dan Papan Tulis
b.  Media Pembelajaran           : Media gambar
c.  Sumber belajar                    :
1.      Nachrowi, Nachrowi D. 2008. Buku IPS Ekonomi kls VIII. Jakarta: Cempaka Putih.
2.      Buku lain yang relevan.

G. Penillaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
ü  Mendeskripskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.


ü  Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.

ü  Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.


ü  Mengidentifikasi ciri-ciri pasar kongkret dan pasar abstrak beserta contohnya.
Tes Tertulis

Tes Tertulis

Tes Tertulis


Tes Tertulis





Tes Tertulis
Uraian


Uraian


Uraian



Uraian






Uraian
Ü  Apakah definisi dari pasar! Skor (15)

Ü  Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar! Skor (30)

Ü  Tuliskan Tuliskan syarat-syarat terjadinya pasar? Skor (10)


Ü  Tuliskan dan jelaskan 3 bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna! Skor (25)


Ü  Tuliskan perbedaan antara pasar kongkrit dan pasar abstrak! Skor (20)


·         Kunci Jawaban
1.      Apakah definisi dari pasar? (skor 15)
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut pengertian pasar secara kongkret.
Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar lebih dititikberatkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli disebut pasar, dan jika tidak ada kegiatan jual beli disebut bukan pasar. Pasar dapat terbentuk dimana saja dan kapan saja, di dalam bis, di terminal, di halte, dan lain-lain. Bahkan transaksi jual beli  juga bisa terjadi lewat surat, radio, internet, dan lain-lain.
2.      Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar? (skor 30)
1.   Fungsi Distribusi
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari dari produsen ke konsumen., melalui transaksi jual beli, produsen dapat memasarkan hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainya.
2.   Fungsi Pembentukkan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli terebih dahulu dilakukan tawar menawar, sehingga diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga.
3.   Fungsi Promosi
Pasar merupakansarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak dikunjungi  para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan  dengan berbagai cara, misalnya memasang spaduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli, dan sebagainay.
3.      Tuliskan syarat-syarat terjadinya pasar? (skor 10)
1.      Adanya penjual.
2.      Adanya pembeli,
3.      Tersedianya barang yang diperjualbelikan,
4.       Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
4.      Tuliskan dan jelaskan 3 bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna! (skor 25)
a.      Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh penjual. Penjual mempunyai kekuasaan yang mampu memaksakan kemauanya, baik dalam bentuk harga, volume, tempat, maupun waktu pembelian barang yang akan dijualnya.. Contoh: PLN menguasai listrik di Indonesia, PT pos Indonesia memonopoli penjualan benda-benda pos Indonesia.
b.      Pasar duopoli
Pasar duo poli yaitu, pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contoh: penawaran minyak pelumas yang dikuasai oleh Caltex dan pertamina.
c.       Pasar oligopoli
Pasar oligopoly adalah pasar dimana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar ini saling mempengaruhi satu sama lain.. Contoh: penawaran sepeda motor yang dikuasai oleh beberapa perusahaan di antaranya Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki.
5.      Tuliskan perbedaan antara pasar kongkrit dan pasar abstrak! (skor 20)
Pasar kongret, yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual dan pembeli bertemu langsung. Sedangkan pasar abstrak , yaitu pasar di mana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara langsung dan antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Contoh pasar abstrak yang lagi trend terutama bagi masyarakat kalangan atas sekarang ini adalah belanja barang secara on line lewat internet.

H. Teknik Skor

 
 





·       
·        

Mengetahui,                                                                           Indralaya, 22 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 1 Palembang                                       Guru Mapel IPS Ekonomi,


Giring Ganesha, S.Pd., M.Si                                                Anna Mu’awana, S.Pd., M.Pd

NIP. 19830714 198203 2 004                                               NIP. 19921122 201501 2 001




BACA JUGA:

RPP SMA Kelas X (2)

RPP SMP Kelas IX (1)

RPP SMA Kelas XI (2)


Diposting oleh Anna Muawana di 05.12
Label: Campus, ilmu, Tugas

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Blog Design by Gisele Jaquenod