skip to main | skip to sidebar

About me

Foto Saya
Anna Muawana
ASSALAMU'ALAIKUM. WR. WB Terimakasih sudah mau berkunjung :) I'm Anna Mu'awana or Anun | 22111992 | Alumni PEA'10 UNSRI | NIDJIholic Palembang | JobSeeker | Blue | YOT Palembang | Blogger UNSRI | Dreamer and I believe, I Can Make My Dreams Come True! Aamiin :)
Lihat profil lengkapku

i am #bloggerUNSRI

i am #bloggerUNSRI

Kawancut Palembang

Kawancut Palembang

Twitter

Tweets by @annamuawana

Followers

Labels

  • AKU
  • Artikel
  • BebasPosting
  • Berita
  • BOOK
  • Buka Bersama 2011
  • Campus
  • curcol :D
  • Event
  • FYI
  • Gathering
  • GS
  • idol
  • ilmu
  • KancutKeblenger
  • Lebaran
  • MNW
  • Motivasi
  • Music
  • NIDJI
  • Tugas
  • UNSRI
  • Vocation
  • Wisuda

Popular Posts

  • Sea Games XXVI South Sumatera
    11-11-2011 Yaaaah siapa yang tidak merayakan event spectacular yang satu ini "SEA GAMES XXVI" yang dilaksanakan di Palembang .....
  • Musicology AlterEgo Palembang (NIDJI) at BKB
    Assalamualaikum.wr.wb. .... Hello bloggers.. setelah di wisuda gue ga sempet posting apa kegiatan gue nih... Well.. karena kelar kuli...
  • HAPPY XXI
    ALHAMDULILLAH XXI HAPPY BIRTHDAY TO ME ! BARAKALLAH ! Assalamualaikum Blogger... Hari ini (22 November 2013) usia gue bertamba...
  • RPP SMA Kelas X (2)
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah             : SMA Negeri 3 Palembang Mata Pelajaran            : Ekonomi Ke...
  • What! Amazing Day! #4mazingKK
    Assalamu'alaikum.wr.wb... Selamat datang bulan maret... Selamat datang harapan baru... Semoga harapan lama segera terwujud di bulan ...
  • Lebaran 1435 H
    ASSLAMU'ALAIKUM.WR.WB. Alhamdulillah Ramadhan tahun ini masih bareng-bareng keluarga tersayang. Semoga puasa kita semua berka...
  • Espedeee! (My Graduation)
    Assalamualaikum.wr.wb. Seneng? Sedih? Haru? Nervous? Seru? Capek? Pegel? Bahagia? Iya itu yang gue rasain sekarang !!! Akhirnyaaaaa...
  • Live Chat Bareng Giring
    Asslamualaikum.wr.wb brothers n sisters.... Tadi sore gue lagi buka-buka instagram dan di time line gue ada yang kayak beginian : ...
  • What do you love most about the country you live in?
    culture of every region in my country hey guys ask me yow ;)
  • Follow My Instagram Guys : @annanurahman

Archivo del blog

  • ► 2015 (5)
    • ► Maret (1)
    • ► Januari (4)
  • ► 2014 (6)
    • ► Agustus (2)
    • ► April (1)
    • ► Januari (3)
  • ▼ 2013 (37)
    • ► Desember (1)
    • ► November (1)
    • ► September (6)
    • ▼ Juli (10)
      • BukBer NIDJI 2013
      • PEERTEACHING
      • RPP SMA Kelas XI (2)
      • RPP SMP Kelas IX (1)
      • RPP SMA Kelas X (2)
      • RPP SMP Kelas VIII (1)
      • I MISS U ABA ...
      • Allah Knows
      • BBN GRATIS!
      • Musical Genres
    • ► Juni (6)
    • ► Mei (7)
    • ► April (5)
    • ► Januari (1)
  • ► 2012 (10)
    • ► Mei (1)
    • ► April (2)
    • ► Maret (5)
    • ► Februari (1)
    • ► Januari (1)
  • ► 2011 (22)
    • ► Desember (1)
    • ► November (2)
    • ► September (4)
    • ► Agustus (7)
    • ► Juli (6)
    • ► April (2)

Subscribe To

Postingan
    Atom
Postingan
Komentar
    Atom
Komentar

Profile Nidji

Profile Nidji
Giring Ganesha Jumaryo (Giring : Vocalist ) Jakarta,14 Juli 1983 gganesha@yahoo.com @giring_ganesha

Randy Danistha ( Run-D : kibor ) 09 Oktober 1984 run-dsmeggy_72@hot.com @Rundnidji72

Muhammad Adri Prakarsal ( Adri : Drummer ) Jakarta,13 Mei 1983 nidji_adri@yahoo.com @adrinidji

Muhammad Andro Regantoro ( Andro : Bass Guitar ) 19 Januari 1984 androniji@gmail.com @andronidji

Muhammad Ramadhista Akbar ( Rama : Gitaris ) Jakarta,06 Juni 1984 nijirama@gmail.com @rama_nidji

Andi Ariel Harsya ( Ariel : Gitaris ) Jakarta,31 Agustu 1983 nijiariel@yahoo.com @arielnidji

Text Widget

Categories

  • AKU (37)
  • Artikel (5)
  • BebasPosting (18)
  • Berita (3)
  • BOOK (1)
  • Buka Bersama 2011 (4)
  • Campus (11)
  • curcol :D (22)
  • Event (11)
  • FYI (10)
  • Gathering (2)
  • GS (3)
  • idol (1)
  • ilmu (13)
  • KancutKeblenger (1)
  • Lebaran (2)
  • MNW (1)
  • Motivasi (2)
  • Music (10)
  • NIDJI (11)
  • Tugas (8)
  • UNSRI (1)
  • Vocation (2)
  • Wisuda (1)

Popular Posts

  • HAPPY XXI
    ALHAMDULILLAH XXI HAPPY BIRTHDAY TO ME ! BARAKALLAH ! Assalamualaikum Blogger... Hari ini (22 November 2013) usia gue bertamba...
  • NIDJI
    Hallo.. karena gue suka banget sama NIDJI a.k.a NIDJIholic nih gue kasih ☞ all about NIDJI . check this one out ! (eh......) ...
  • Musicology AlterEgo Palembang (NIDJI) at BKB
    Assalamualaikum.wr.wb. .... Hello bloggers.. setelah di wisuda gue ga sempet posting apa kegiatan gue nih... Well.. karena kelar kuli...
  • MY SWEET 19th :)
    Assalamualaikum my blog... Sudah lama tidak coret-coret nih.. Bulan November ini gue bahagia sekali .. Kenapa? Semua apa yang g...
  • RPP SMP Kelas VIII (1)
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Palembang Mata Pelajaran            : Ilmu Pengeta...
  • FIRST TIME GO TO MUSIC CONCERT
    Assalamualaikum bloggerssss (senyum-senyum sendiri) hahahahaha OMG !!! Semalam itu unforgettable moment banget . Awwww ini kedua kali ny...
  • Marhaban Ya Ramadhan
    Marhaban Ya Ramadhan teman-teman .... hari ini tepat seminggu kita menjalankan ibadah puasa Alhamdulillah yaaah :) Seperti biasa, sebelum p...
  • Medley song child, sudah, kau dan aku - NIDJI
    aaaaaak ini nih video yang gue record  @nidji  - medley child, sudah, kau dan aku <3
  • TAJUK!
    TAJUK 2013  | Pelatihan Jurnalistik Kampus 2013 Untuk pertama kalinya Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya (  LPMGSUNSRI  ) men...
  • Hatiku Bicara
    hati ku bicara ku menyukai mu hati ku bicara ku menginginkan mu hati ku bicara dan terus berkata namun, lisan ku tak mampu bicara ? e...

ANUN

Don't hate the media, become the media!!!

Kamis, 25 Juli 2013

RPP SMP Kelas IX (1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi   : 4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan.
Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga  keuangan.
Indikator                     : 4.1.1. Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang.
                                      4.1.2. Mendeskripsikan pengertian uang.
                          4.1.3. Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.
                          4.1.4. Mengidentifikasi jenis-jenis uang.
                          4.1.5. Mengidentifikasi fungsi uang.
                          4.1.6. Mendeskripsikan nilai uang.
Alokasi Waktu            : 1 X 30 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan dapat :
1.      Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang.
2.      Mendeskripsikan pengertian uang.
3.      Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.
4.      Mengidentifikasi jenis-jenis uang.
5.      Mengidentifikasi fungsi uang
6.      Mendeskripsikan nilai uang

v    Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur, dan Kewarganegaraan

B.     Materi Pembelajaran
1.      Sejarah Terjadinya Uang
Uang yang kita kenal sekarang ini telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana, mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri, singkatnya, apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya. 
Perkembangan selanjutnya mengahadapkan manusia pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata tidak cukup untuk memenuhui seluruh kebutuhannya. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri, mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan olehnya. Akibatnya muncullah sistem barter', yaitu barang yang ditukar dengan barang.
Namun pada akhirnya, banyak kesulitan-kesulitan yang dirasakan dengan sistem ini. Di antaranya adalah kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan dan juga mau menukarkan barang yang dimilikinya serta kesulitan untuk memperoleh barang yang dapat dipertukarkan satu sama lainnya dengan nilai pertukaran yang seimbang atau hampir sama nilainya. Untuk mengatasinya, mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum (generally accepted), benda-benda yang dipilih bernilai tinggi (sukar diperoleh atau memiliki nilai magis dan mistik), atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari; misalnya garam yang oleh orang Romawi digunakan sebagai alat tukar maupun sebagai alat pembayaran upah. Pengaruh orang Romawi tersebut masih terlihat sampai sekarang; orang Inggris menyebut upah sebagai salary yang berasal dari bahasa Latin salarium yang berarti garam.
Meskipun alat tukar sudah ada, kesulitan dalam pertukaran tetap ada. Kesulitan-kesulitan itu antara lain karena benda-benda yang dijadikan alat tukar belum mempunyai pecahan sehingga penentuan nilai uang, penyimpanan (storage), dan pengangkutan (transportation) menjadi sulit dilakukan serta timbul pula kesulitan akibat kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehingga mudah hancur atau tidak tahan lama.
Kemudian muncul apa yang dinamakan dengan uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi sehingga digemari umum, tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Logam yang dijadikan alat tukar karena memenuhi syarat-syarat tersebut adalah emas dan perak. Uang logam emas dan perak juga disebut sebagai uang penuh (full bodied money). Artinya, nilai intrinsik (nilai bahan) uang sama dengan nilai nominalnya (nilai yang tercantum pada mata uang tersebut). Pada saat itu, setiap orang berhak menempa uang, melebur, menjual atau memakainya, dan mempunyai hak tidak terbatas dalam menyimpan uang logam.
Sejalan dengan perkembangan perekonomian, timbul kesulitan ketika perkembangan tukar-menukar yang harus dilayani dengan uang logam bertambah sementara jumlah logam mulia (emas dan perak) sangat terbatas. Penggunaan uang logam juga sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar sehingga diciptakanlah uang kertas. Mula-mula uang kertas yang beredar merupakan bukti-bukti pemilikan emas dan perak sebagai alat/perantara untuk melakukan transaksi. Dengan kata lain, uang kertas yang beredar pada saat itu merupakan uang yang dijamin 100% dengan emas atau perak yang disimpan di pandai emas atau perak dan sewaktu-waktu dapat ditukarkan penuh dengan jaminannya. Pada perkembangan selanjutnya, masyarakat tidak lagi menggunakan emas (secara langsung) sebagai alat pertukaran. Sebagai gantinya, mereka menjadikan 'kertas-bukti' tersebut sebagai alat tukar.
2.      Pengertian uang
Uang adalah sesuatu yang dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi pembayaran ekonomi di mana sesuatu yang dijadikan sebagai uang diterima, dipercaya dan disukai oleh masyarakat atau orang-orang yang melakukan transaksi ekonomi.
Berdasarkan pengertian mengenai uang, maka kita dapat mengetahui syarat suatu benda dapat dijadikan uang, yaitu:
1.      Dapat diterima oleh masyarakat umum (acceptability)
2.      Tidak mengalami perubahan dan tidak cepat rusak (durability)
3.      Nilainya tidak mengalami perubahan dalam jangka waktu yang lama (stability of value)
4.      Praktik dan mudah dibawa kemana-mana (portability)
5.      Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai (divisibility)
6.      Kualitasnya relatif sama (uniformity)
7.      Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan (scarcity)
3.      Jenis-jenis uang
a.    Berdasarkan Bahan (Material)
1)      Uang logam adalah uang yang dibuat dari semacam logam tertentu dengan berat dan kadar tertentu pula. Uang yang terbuat dari logam pada umumnya memiliki nilai nominal kecil, yang dibuat dengan ciri-ciri khusus untuk menghindari pemalsuan. Uang logam di Indonesia pada saat ini terdiri atas uang yang bernilai nominal mulai dari Rp50,00; Rp100,00; Rp200,00; Rp500,00; dan Rp1.000,00
2)      Uang kertas merupakan uang fiduciary (uang kepercayaan), karena semua masyarakat mau menerima uang tersebut sebagai alat pembayaran, walaupun nilai intrinsiknya jauh lebih kecil daripada nilai nominalnya. Jadi, dasar uang kertas adalah kepercayaan kepada pemerintah atau bank yang menjamin atas peredaran uang kertas tersebut.
Di samping kepercayaan umum, terdapat alasan lain yang mendorong untuk menciptakan uang kertas sebagai alat pertukaran, yaitu:
-          uang logam tidak dapat digunakan untuk jumlah yang sangat besar, sedangkan uang kertas tidak ada kesulitan,
-          biaya untuk membuat uang logam jauh lebih mahal daripada untuk membuat uang kertas,
-          uang logam kurang praktis, sukar dibawa ke tempat yang jauh dalam jumlah yang besar.
Uang kertas yang beredar di masyarakat saat ini mulai dari pecahan Rp1.000,00; Rp5.000,00; Rp10.000,00; Rp20.000,00; Rp50.000,00; dan Rp100.000,00.
Semua uang kertas ini dicetak oleh Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) dan peredarannya diatur oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, uang kertas tersebut dinamakan uang kertas bank.
b.   Berdasarkan Iembaga atau Badan Pembuatnya
Uang menurut lembaga yang menerbitkan atau membuatnya dapat dibedakan menjadi uang kartal dan uang giral.
1)      Uang kartal
Uang kartal adalah uang yang diberi tanda atau cap oleh pemerintah, sehingga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima umum. Uang kartal dibagi menjadi dua, yaitu uang logam dan uang kertas, yang dicetak atau dibuat dan diedarkan oleh bank sentral (Bank Indonesia).
2)      Uang giral
Uang giral adalah simpanan atau deposito pada bank yang dapat diambil dengan menggunakan cek, giro, atau surat perintah pembayaran lainnya (telegrafic transfer), yang dicetak atau dibuat oleh bank umum/bank komersial.
Uang giral yang beredar di masyarakat terdiri atas:
a)      Cek adalah perintah yang diterima dari pihak lain sebagai alat untuk pembayaran, atau perintah kepada bank untuk membayar dengan uang tunai,
b)      Giro adalah alat untuk memindahkan uang giral ke rekening orang lain, tetapi tetap uang giral bukan uang tunai, dan
c)      Telegrafic transfer adalah pemindahan pembayaran atas suatu transaksi melalui bank.
c.    Berdasarkan Nilainya
Pada sebuah uang, kita mengenal nilai nominal dan nilai intrinsik. Nilai nominal adalah nilai yang tertera pada uang tersebut, sedangkan nilai intrinsik yaitu nilai pembuatan uang itu sendiri.
Berdasarkan nilai nominal dan nilai intrinsiknya, uang dapat dibedakan sebagai berikut:
1) Uang bernilai penuh (full bodied money) artinya uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominal. Contohnya uang logam dari emas, di mana nilai bahan untuk membuat uang tersebut sama dengan nominal yang tertulis pada uang tersebut.
2)  Uang yang tidak bernilai penuh (representative full bodied money) atau uang bertanda (token money), artinya uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil daripada nilai nominalnya. Nilai intrinsik uang kertas jauh lebih rendah dari nilai nominal yang tertulis di atas uang.
d.   Berdasarkan Kawasan/Daerah Berlakunya
Jenis uang berdasarkan kawasan dapat dibedakan sebagai berikut.
1)  Uang domestik artinya uang yang berlaku hanya di suatu negara tertentu, di luar negara tersebut mungkin berlaku dan mungkin tidak berlaku.
2) Uang internasional yaitu uang yang berlaku tidak hanya dalam suatu negara, tetapi juga berlaku dan diakui di berbagai negara di dunia. Misalnya uang dolar, poundsterling, yen, euro, dan sebagainya.
4.      Fungsi uang
a. Fungsi Asli atau Fungsi Primer
Fungsi asli uang menunjukkan fungsi yang mula-mula melekat pada uang atau fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang.
1) Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natura (barter).
2) Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga.
b. Fungsi Turunan atau Fungsi Sekunder
Uang mempunyai fungsi turunan sebagai berikut:
1) Sebagai alat pembayaran (means of payment), uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misal pembayaran pajak, iuran, dan sebagainya.
2)  Sebagai pembayaran utang (standard of deferred payment), uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.
3) Penimbun kekayaan artinya uang dapat disimpan telebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.
4) Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.
5) Sebagai ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
C.      Pendekatan
Student Centered Learning
D.    Metode Pengajaran
1.      Ceramah bervariasi
2.      Picture and picture
3.      Inquiry
4.      Tanya Jawab
5.      Resitasi (pemberian tugas)

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
a.       Guru mengucapkan salam kepada siswa.
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas.
c.       Apersepsi
·         Guru menanyakan kembali materi minggu lalu tentang perubahan sosial.
·         Contoh-contoh uang.
d.      Motivasi :
·         Siswa ditanya dengan apa ia membayar makanan dan minuman dikantin pada saat istirahat?
·         Guru menyebutkan tujuan materi pembelajaran hari ini.

5 menit
F.     Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
a.       Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi uang yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b.      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
c.       Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
d.      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
·         Elaborasi
e.       Guru menjelaskan  sejarah uang melalui media power point yang telah disediakan.
f.       Guru menjelaskan pengertian uang melalui media power point yang telah disediakan.
g.      Guru menjelaskan syarat-syarat pasar melalui media power point yang telah disediakan.
h.      Guru meletakkan contoh gambar uang sesuai dengan kriteria jenis-jenis uang.
i.        Tanya jawab tentang dan jenis uang.
j.        Guru memasangkan nilai uang dan fungsi uang sesuai nilai dan fungsinya yang sudah disiapkan pada media charta.
·         Konfirmasi
k.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
l.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari temannya tersebut.
m.    Guru mengklarifikasi atas jawaban dan memberikan penguatan terhadap jawaban siswa tersebut.
20 menit
G.    Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan pada hari ini.
b.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah.
c.       Guru memberitahu siswa mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
d.      Pemberian nasehat.
5 menit

F. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a. Alat / Bahan               : Laptop (Power Point), LCD, Karton, Spidol, dan Papan tulis
b. Media Pembelajaran   : Peta Konsep dengan Media Charta dan Gambar
c. Sumber belajar            :
1.      Sutarto. 2008. IPS untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat   Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 127-135.
2.      Buku lain yang relevan.

G. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
ü  Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang.

ü  Mendeskripsikan pengertian uang.


ü  Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.

ü  Mengidentifikasi jenis-jenis uang.
Tes Tertulis


Tes Tertulis

Tes Tertulis



Tes Tertulis

Tes Tertulis


Tes Tertulis
Uraian



Uraian


Uraian




Uraian


Uraian



Uraian
Ü  Tuliskan secara singkat sejarah terjadinya uang didalam masyarakat!  Skor (15)

Ü  Tuliskan pengertian uang! Skor (10)


Ü  Tuliskan dan jelaskan syarat-syarat uang! Skor (25)


Ü  Tuliskan jenis-jenis uang! Skor (10)

Ü  Tuliskan dan jelaskan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya serta berikan contohnya! Skor (20)

Ü  Tuliskan dan jelaskan jenis uang berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang serta berikan contohnya! Skor (20)

·         Kunci Jawaban:
1.      Tuliskan secara singkat sejarah terjadinya uang didalam masyarakat! Skor (15)
Dulu masyarakat primitif dan nenek moyang kita dahulu memenuhi kebutuhan dengan mengambil dan memanfaatkan barang yang ada disekitar tempat tinggalnya, lalu bergeser tidak hanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri namun orang lain juga untuk dijual, lalu diadakanlah sistem barter atau pertukaran barang ke barang. Selanjutnya berganti menjadi menggunakan uang barang untuk melakukan pertukaran barang, karena mempunyai kelemahan berganti menjadi logam sebagai alat tukar menukar, logam tersebut emas dan perak, akan tetapi masih mengandung kelemahan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pertukaran barang masyarakat, lalu dengan berkembangnya ekonomi yang semakin pesat dan kompleks sehingga yang dijadikan sebagai alat tukar adalah kertas bukti penyimpanan emas dan perak, dan terakhir adalah diciptakannya uang didalam msyarakat karena lebih efektif sebagai alat pembayaran didalam masyarakat.
2.      Tuliskan pengertian uang! Skor (10)
Uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakuakan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan dan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.
3.      Tuliskan dan jelaskan syarat-syarat uang! (skor 25)
a.       Dapat diterima
Karena masyarakat percaya bahwa uang tersebut dapat digunakan sebagai alat tukar dan alat pembayaran.
b.      Mudah disimpan dan nilainya tetap
Karena bentuknya kecil sehingga praktis menyimpannya, dan mau disimpan selama mungkin nialinya tetap.
c.       Mudah dibawa kemana-mana
Karena ukurannya kecil dan tidak berat.
d.      Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai
Misalnya selembar uang ratusan ribu rupiah tersebut dapat dibagi tanpa mengurangi nilainya.
e.       Jumlahnya terbatas sehingga tetap berharga
Dicetak dengan jumlah terbatas untuk menjaga nilainya dan dibuat dari bahan khusus dan diberi ciri khusus sehingga sulit untuk dipalsukan.
f.       Ada jaminan
Dijamin oleh pemerintah, sehingga semua orang mau menerimanya sebagai alat pertukaran dan pembayaran yang sah.
4.      Tuliskan jenis-jenis uang! (skor 10)
Berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang, uang dibedakan menjadi uang logam dan uang kertas. Sedangkan berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya, uang dibedakan menjadi uang kartal dan uang giral. Dan berdasar nilainya uang dibedakan menjadi uang bernilai penuh dan tidak bernilai penuh.
5.      Tuliskan dan jelaskan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya serta berikan contohnya! (skor 20)
Uang kartal dan uamg giral. Uang kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh negara berdasarkan undang-undang dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah, contohnya uang logam dan uang kertas. Sedangkan uang giral adalah dana yang disimpan pada rekening koran di bank-bank umum yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran, contohnya cek dan bilyet giro.
6.      Tuliskan dan jelaskan jenis uang berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang serta berikan contohnya! (skor 20)
Uang logam dan uang giral. Uang logam adalah uang yang dibuat dari logam atau emas, perak tembaga dan nikel dengan bentuk dan kadar berat tertentu serta dengan ciri-ciri tertentu pula untuk menghindari pemalsuan, contohnya uang logam Rp500. Sedangkan uang kertas adalah uang yang dibuat dengan kertas khusus supaya sulit dipalsukan, contohnya uang kertas Rp5000.

H. Teknik Skor

 
 





·       
·        

Mengetahui,                                                                           Indralaya, 22 Juli 2013
Kepala SMP Negeri 1 Palembang                                       Guru Mapel IPS Ekonomi


Giring Ganesha, S.Pd., M.Si                                                Anna Mu’awana, S.Pd., M.Pd
NIP. 19830714 198203 2 004                                               NIP. 19921122 201501 2 001



BACA JUGA:

RPP SMP Kelas VIII (1)

RPP SMA Kelas X (2)

RPP SMA Kelas XI (2)

Diposting oleh Anna Muawana di 05.30
Label: Campus, ilmu, Tugas

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Blog Design by Gisele Jaquenod