Assalamu'alaikum ..
Hallo Guys...
Gue nulis postingan ini sambil ngipas-ngipas jungkir balik kepanassan dibarengi lagu NIDJI-Bosan .
Iya gue lagi bosan tugas banyak (ini juga sambil googling tugas), rumah sepi mending nulis di blog muehehe :)
Sebelum cerita, gue kasih tahu dulu kali ya kepanjangan PKL & PEA,
takutnye banyak yang salah arti :P
Oke :
PKL = Praktek Kerja Lapangan
Ini arti nya salah satu kegiatan dari satu mata kuliah yang gue ambil . Iya Sistem Akuntansi.
PEA = Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Ini arti nya Jurusan yang gue ambil #itu B)
ini banner di Bus Pariwisata Marissa Holiday
Kurang lebih seminggu yang lalu, gue dan temen-temen kampus melakukan PKL ke Pulau Jawa. Dan ini untuk pertama kalinya gue pergi keluar Sumatera dan mengarungi hutan rimba serta lautan dengan ombak yang berderai dera kaku. #halah hahaha
OMG !! Last my post on Mei 2012 ? today is August,2012 !! so long :(
tau kenapa gue lama banget ga post di blog (iya iya nanti gue cerita deh)
sekarang cuma mau share tugas laporan aja yah, kecewa gue sma hasil mata kuliah yang satu ini -_-"
dari pada cerita nya basi setidaknya gue kasih gambaran nih buat temen-temen yang belum tau apa itu PKL ! Iya PKL yang mahal jauh seru sih tapi hasilnya B (dissapointed) .
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
(
STUDI BANDING UNY, KERAJINAN PERAK “NARTI’S SILVER”, BAKPIA DJAVA, MALIOBORO,
PASAR CIBADUYUT DAN PASAR CIHAMPELAS)
Oleh
:
PAULA MARSHELLY PUTRI (06101003003)
KISWANTO
(06101003017)
ANNA
MU’AWANA (06101003028)
NUNING AMY KUSWINARTI
(06101003032)
DINI OKTARIANI
(06101003039)
MUALLIMIN (06101003038)
Dosen Pengasuh:
Dra. YULIA DJAHIR, M.M., Ph.D.
DEWI PRATITA, S.Pd.
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SRIWIJAYA INDRALAYA
2012
PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang
Dengan
laju perkembangan teknologi didunia khusunya di Indonesia, dewasa ini
bermunculan barang-barang yang muthakhir dengan segala macam ragam dan cirri khas
masing-masing. Demikian halnya dengan industriyang berhubungan erat dengan
teknologi. Dalam pengolahan suatu bahan industry selalu menggunakan alat-alat
yang canggih untuk mempercepat terjadinya proses. Dengan berkembangnya ilmu
pengetahuan maka ilmu di bidang industry pun semakin meningkat, khususnya
industry teknologi.
Dalam menghadapi hal tersebut di
butuhkan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar
dapat mengikuti perkembangan tersebut. Untuk memenuhi tuntutan tersebut di
butuhkan media-media yang bertugas utnuk menggali dan mengembangkan Sumber Daya
Manusia yang tersedia. Oleh karena itu, terciptalah lembaga-lembaga pendidikan
yang salah satunya dapat menunjang teknologi tersebut.
Namun, lembaga-lembaga keilmuan
tersebut tidak dapat sepenuhnya merealisasikan keinginan mulia tersebut tanpa
adanya peran serta dari elemen masyarakat, dalam hal ini adalah dunia industry.
Sebab sebuah bidang keilmuan tidak akan berarti tanpa sebuah aplikasi yang
dilandasi dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh di lapangan.
Oleh karena itu, program Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk
menyelaraskan antara teori yang diperoleh ari lembaga pendidikan dengan yang
diperoleh di lapangan. Dengan ini diharapkan agar tercipta sumber daya manusia
yang kompetiti dengan ilmu yang di peroleh di bangku perkuliahan serta
pengalaman yang diperoleh dari dunia industri.
Bagi penulis sendiri, latar belakang
dilakukannya praktek kerja lapangan ini selain sebagai syarat dalam memenuhi 1
sks dari 3 sks mata kuliah Sistem Akuntansi di program studi Strata-1
Pendidikan Ekonomi, penulis juga ingin menggalipengalaman
serta potensi di lapangan dan ikut langsung dalam dunia industri. Dengan
demikian, penulis dapat menyelaraskan ilmu yang di peroleh di kampus dengan
ilmu yang diperoleh di lapangan.
PKL
(Praktek Kerja Lapangan) adalah salah satu agenda kegiatan yang sudah sering
dilakukan dalam memenuhi 1 SKS dari 3 SKS Mata Kuliah Sistem Akuntansi.
Kegiatan PKL tahun ini di ikuti 48 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi 2010
Universitas Sriwijaya Indralaya dan 15 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi
2009 Universitas Sriwijaya Palembang. Praktek Keja Lapangan tahun ini
berkunjung ke kota-kota besar di Pulau Jawa yaitu Yogjakarta, Bandung dan
Jakarta yang berlangsung selama seminggu (2 Mei – 8 Mei 2010) di bimbing oleh 3
Dosen yaitu Dra. Yulia Djahir, M.M., Ph.D. , Dewi Pratita S.Pd dan Deskoni,
S.pd. M.Pd.
Namun, PKL tahun ini merupakan PKL
yang terakhir dikarenakan Mata Kuliah Sistem Akuntansi akan di hapuskan dan di
gantikan dengan Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Adapun agenda kegiatan
mulai dari berangkat hingga pulang kembali ke Palembang.
(siap-siap berangkat)
Tepat
pada hari Rabu, 2 Mei 2010 pukul 07.00 WIB Mahasiwa yang berdomisili di
Palembang berkumpul di FKIP Unsri Bukit dan yang berdomisili di Indralaya akan
dijemput di FKIP Unsri Indralaya. Sebelum berangkat menuju kampus Unsri
Indralaya, Mahasiswa yang telah berkumpul di Unsri Bukit diberikan pembekalan
dari Bu Dra. Yulia Djahir, M.M., Ph.D. sekaligus pelepasan dan doa bersama sebelum
melakukan perjalanan menuju pulau Jawa.
Berangkat pukul 08.00 WIB, bus
Marissa Holiday melaju menuju kampus Unsri Indralaya untuk menjemput Mahasiswa
yang ada disana.
Adapun serangkaian agenda kegiatan
PKL Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi ini antara lain Kunjungan Studi
Banding ke UNY, Centra Kerajinaan Kekot Gede (mengamati dan menganalisis sistem
pengendalian itern perusahaan serta kegiatan perusahaan dari proses produksi
hingga marketing), Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Pantai Parang Tritis,
Keraton, Malioboro, Cibaduyut, Cihamplas (mengamati kegiatan akuntansi yang
berlangsung disana serta melakukan analisis tentang system yang di gunakan pada
pasar tersebut), Tangkuban Perahu, dan yang terakhir Dufan.
Kegiatan PKL ini berlangsung lancar,
aman dan terkendali serta terasa sangat berkesan baik bagi Mahasiwa maupun
Dosen Pembimbing. Dari kegiatan PKL ini diharapkan menambah hubungan erat antar
Unsri dan UNY baik Dosen maupun Mahasiswa terutama dalam bidang Pendidikan.
I.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan praktek kerja lapangan:
a.
Mengenal
dan mengetahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan
disiplin dan pengembangan karier.
c.
Meningkatkan hubungan kerjasama antara
perguruan tinggi dengan instansi
d.
Memperoleh wawasan tentang dunia kerja
yang diperoleh di lapangan.
e.
Lebih dapat memahami konsep-konsep
non-akademis di dunia kerja.
I.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
I.3.1. Manfaat Bagi
Mahasiswa
a.
Dapat memperoleh gambaran dunia kerja yang nantinya berguna bagi mahasiswa yang
bersangkutan apabila telah menyelesaikan perkuliahannya, sehingga dapat
menyesuaikan diri dengan dunia kerja.
b.
Dapat mengaplikan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh pada masa kuliah
dan sekalian menambah wawasan dan pengalaman.
c.
Dapat mengetahui perbandingan antara teori dan ilmu yang di peroleh selama
perkuliahan dengan praktek di lapangan.
d.
Meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam kerja.
I.3.2. Manfaat Bagi
Akademik
a.
Dapat meningkatkan kerjasama antara lembaga pendidikan khususnya Akademik
dengan Instansi (Universitas Sriwijaya dan Universitas Negri Yogyakarta).
b.
Dapat mempromosikan keberadaan Akademik di tengah-tengah dunia kerja. I.3.3. Manfaat Bagi Instansi
a.
Dapat meningkatkan kerjasama antara Akademik dengan Instansi/Lembaga.
b.
Membantu Instansi/Lembaga dalam menyelesaikan tugas sehari-hari selama Praktek
Keja Lapangan.
I.4 Ruang Lingkup Permasalahan
Adapun ruang lingkup permasalahan
yang penulis paparkan dan akan di bahas disi yakni persoalan Sistem Penjualan,
Sistem Pembelian, Sistem Penggajian dan Pengupahan, Sistem Penerimaan &
Pengeluaran Kas, Sistem Akuntansi Persediaan Aktiva Tetap.
I.5 MetodePegumpulan
Data
Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan diantaranya yaitu:
a.
Quetioner (tanya jawab)
Pada metode ini penulis melakukan tanya jawab kepada pihak pembimbing di
saat melakukan kerja praktek yakni
b.
Terjun langsung ke lapangan untuk
melihat dan melakukan penganalisaan
Disini penulis melihat langsung apa yang dilakukan oleh para pekerja
dalam mengamati, menganalisa dan menyalurkan informasi ke masyarakat.
PROFIL PENULIS
(ini angota kelompok kita)
Nama :
Paula Marshelly Putri
NIM :
06101003003
Tempat/Tanggal Lahir : Palembang, 25 Maret 1992
Alamat : Jln, Letnan Simanjuntak no.813 Palembang
Hobi : Jalan - jalan
Kesan dan Pesan : Kekompakan dan kebersamaan agar
Menambah keakraban dalam kekeluargaan
PEA’10 dalam perjalanan selama 1 minggu
Dan banyak menambah pengetahuan yang
Telah kami kunjungi ketempat-tempat
Tersebut.
Nama :
Kiswanto
NIM :
06101003017
Tempat/Tanggal Lahir : Palembang/19
Maret 1992
Alamat :
Tanjung Siapi-api Palembang
Hobi : Bermain bola, Futsal
dan Travelling
Kesan dan Pesan :
Dengan berjalanya waktu seminggu tidak terasa telah habis kebersamaan PKL. Dengan
adanya PKL ini kita dapat meningkatkan solidaritas baik itu pada saat berangkat
maupun pulang. Di samping itu juga dapat mengetahui karakter dari masing masing
teman selama PKL berlangsung. Dan adanya
PKL ini juga kita senantiasa mendapatkan ilmu dan membuka cakrawala
dalam mengetahui apa yang kita kunjungi. Harapan saya agar PKL ini tidak hanya sebagai jalan jalan biasa
tetapi yang benar benar menjadi pengalaman baik itu dalam mengetahui tempat
wisata maupun geografi atau membandingkan daerah tempat asal kita dengan kota
atau daerah yang kita kunjungi dan satu lagi yaitu untuk menambah wawasan kita.
Ini gue :$
Nama : Anna
Mu’awana
NIM :
06101003028
Tempat/Tanggal Lahir : Palembang/22 November 1992
Alamat : Jl. Merpati No. 111
Rt. 44 Rw. 13 Kel. Sialang
Kec. Sako Palembang 30163
Hobi :
Menulis dan Jalan-jalan
Kesan dan Pesan : PKL ini terasa menyenangkan
juga melelahkan
Banyak pembelajaran yang saya peroleh dari
hasil observasi selama PKL. Satu kekurangan
menyangkut bus dan waktu. Harapan saya,
Mata kuliah ini saya mendapatkan hasil yang memuaskan, Muehehe
Nama :
Nuning Amy Kuswinarti
NIM :
06101003032
Tempat/Tanggal Lahir : Muba , 15
Januari 1992
Alamat :
Jln. Nusantara no.41 Indralaya
Hobi :
Masak dan berolahraga
Kesan dan Pesan :
Perjalanan bersama teman-teman sangat
Mengesankan. Banyak pengalaman dan
Pengetahuan baru yang kami dapat dari
Perjalanan selama satu minggu ini. Kami
Menjadi lebih akrab dan kompak satu sama
Lainnya.
Nama :
Dini Oktarian
NIM :
06101003039
Tempat/Tanggal Lahir : Palembang, 18 Oktober 1992
Alamat : Perum. Griya Mitra II blok CA.12 bukit lama Palembang
Hobi : Nonton dan jalan-jala
Kesan dan Pesan : PKL ini sangat menyenangkan dan tidak akan
Pernah dilupakan,kekompakan dan kehangatan
Selama perjalanan sangat kental. saya sangat
Berterima kasih kepada dosen pembimbing
Yang telah memberikan kesempatan kepada
Kami untuk bisa mendapatkan pengetahuan
Yang tidak pernah kami rasakan sebelumnya.
Nama :
Muallimin
NIM :
06101003038
Tempat/Tanggal Lahir : Buray, 20
Desember 1991
Alamat :
Buray Kec. Tanjung Batu, Ogan Ilir SumSel
Kesan dan Pesan : Terimakasih untuk Pembimbing Mata Kuliah
Sistem Akuntansi yang rela
meluangkan
waktunya untuk terselenggaranya
PKL
kemarin, untuk Pendidikan Ekonomi
Akuntansi 2010 semoga kompak
selalu.
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
PT :
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Alamat :
Karang malang yogyakarta 55281
Telepon : (0274) 586168, 520325 Fax.(0274) 565500
Jumlah mahasiswa : 38.367 orang (D3,S1,S2,S3)
Jumlah dosen : 1132 orang
Jumlah fakultas : 6 fakultas dan 82 program studi.1
program pasca sarjana
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) adalah Perguruan tinggi negeri di bawah Departement Pendidikan
Nasional berkedudukan di Yogyakarta. UNY merupakan konversi/pengembangan dari
IKIP Yogyakarta , yakni suatu lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah
berdiri sejak 21 Mei 1964 . IKIP Yogyakarta merupakan penggabungan dari dua
institusi pendidikan tinggi keguruan yang ada pada saat itu, yakni fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Gadjah Mada dan Institut
Pendidikan Guru (IPG) .
Penggabungannya
ditetapkan dengan keputusan presiden (Kepres) RI Nomor 1 Tahun 1963.Sebagai tindak
lanjut dari Kepres tersebut ,dikeluarkanlah surat Keputusan Menteri Perguruan
Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No.55 Tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963, yakni
menetapkan berdirinya IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP
Malang.
Tuntutan
perubahan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas didasari atas berbagai
pertimbangan,diantaranya bahwa struktur kelembagaan IKIP dirasakanterlalu
sempit untuk pengembangan dan srawung keilmuan . Sementara itu ,semakin
banyaknya lulusan/alumni IKIP Yogyakata yang mampu menembus pasar kerja non
guru serta tuntutan akan kebutuhan tenaga kerja yang memiliki skill yang
mantap, semakin mendorong tuntutan perubahan IKIP Yogyakarta menjadi
Universitas.
Tahap
awal perubahan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas dimulai ketika Direktur
Jenderal Pendidikan Tinggi Departement apaendidikan dan Kebudayaan (Departemen
Pendidikan Nasional) mengeluarkan Surat KeputusaN No. 1449/D/T/1996 tertanggal
20 juni 1996 yang menetapkan IKIP Yogyakarta beserta tiga IKIP lainnya, yakni
IKIP Medan, IKIP Padang dan IKIP Malang , diberi perluasan mandate (wider
mandate) kea rah perubahan kelembagaan menjadi Universitas.
Realisasi
dari program perluasan mandate tersebut tertuang dalam suratKeputusan Direktur
Jenderal Pendidikan Tinggi No. 240/DIKTI/Kep/1997 tanggal 15 Agustus 1997 ,
yang menetapkan dibukanya 12 program studi Nono Kependidikan jenjang SI dan
D111 pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), dan Fakultas Pendidikan Teknik
dan Kejuruan (FPTK0 pada IKIP Yogyakarta.
Rencana
pengembangan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan
dalam dua tahap .Pertama , tahap perluasan mandate yang dimulai sejak tahun
akademik 1997/1998 dengan membuka dan menerima mahasiswa baru Program Studi Non
Kependidikan pada fakultas – fakultas kependidikan menjadi fakultas – fakultas
non kependidikan.
Saat
yang ditunggu pun tiba, yakni Presiden Republik Indonesia dengan SK No .93
Tahun 1999 tanggal 4 Agustua 1999, dengan resmi menetapkan berdirinya
Unversitas Negeri Yogyakarta sebagai konversi ataupengembangan dari IKIP
Yogyakarta. Meskipun secara formal lahirnya UNY ditetapkan pada 4 Agustus 1999,
hari lahir (dies natalis) UNY tetap memakai tanggal kelahiran IKIP Yogyakarta,yakni
21 Mei 1964.
Untuk
memantapkan pelaksanaan dan penyelenggaraan pendidikan di dalam wadah
Universitas Negeri Yogyakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan SK
No.274/0/1999 tanggal 1 Oktober 1999 menetapkan Organisasi dan Tata Kerja
Universitas Negeri Yogyakarta, yakni UNY memiliki enam fakultas:
1.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
2.
Fakultas Teknik
3.
Fakultas Ilmu Pendidikan
4.
Fakultas Bahasa dan Seni
5.
Fakultas Ilmu Sosial
6.
Fakultas Ilmu Keolaragaan.
7.Fakultas
ekonomi
I.2. Visi, Misi dan Tujuan Tahun
2025
Visi
pada tahun 2025 UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan
ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan.
Misi Universitas adalah mendidik manusia dan masyarakat Indonesia dengan :
1.
Menyelenggarakan pendidikan akademik,
profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang didukung bidang
nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan,
kemandirian, dan kecendikian.
2.
Menyelenggarakan kegiatan penelitian
untuk menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan/atau olahraga, yang menyejahterakan individu dan
masyarakat, dan mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi
pada pemecahan masalah global.
3.
Menyelenggarakankegiatan pengabdian dan
pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia,
masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
4.
Menyelenggarakan tata kelola universitas
yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi.
Penyelenggaraan
Kegiatan di UNY bertujuan untuk :
1. Terwujudnya manusia yang betaqwa,
mandiri, dan cendekia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.
2. Terwujudnya penemuan, pengembangan, dan
penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olahraga yang
mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi pada pemecahan
masalah global.
3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian
dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia,
masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
4. Terwujudnya tata kelola universitas
yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi.
I.3. Struktur Pengurus UNY
Prof.
Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A
Rektor
UNY
Prof.
Dr. Nurfina Aznam, SU., Apt
Wakil
Rektor I UNY Urusan Akademik
Dr.
Moch. Alip, M.A.
Wakil
Rektor II UNY Urusan Administrasi Umum dan Keuangan
Sumaryanto,
M.Kes.
Wakil
Rektor III UNY Urusan Kemahasiswaan dan Alumni
Prof.
Suwarsih Madya, Ph.D.
Wakil
Rektor IV UNY Urusan Kerjasama
I.4. Fakultas dan Prodi UNY
1.FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNY
SEJARAH
Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY) semula merupakan Bagian
Pedagogik dari Fakultas Sastera, Pedagogik, dan Filsafat Universitas Gajah Mada (FSPF UGM) Yogyakarta.
Universitas Gajah Mada (Universitit Negeri Gadjah Mada) sendiri didirikan
(dikukuhkan berdirinya) pada tanggal 19 Desember 1949 dengan Peraturan
Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949, yaitu Peraturan Sementara tentang Penggabungan
Perguruan Tinggi Menjadi Universitit.
Kapan
"Bagian Pedagogik" itu masuk menjadi bagian dari Fakultas Sastera,
Pedagogik dan Filsafat UGM, tidak diketahui kepastian tanggal dan dukungan
legalitasnya. Secara legal, keberadaan Bagian Pedagogik ini dikukuhkan dengan
Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1950 tertanggal 14 Agustus 1950.
Analog
dengan Gatutkaca yang saat lahir bernama Jabang Tetuka, maka Senat Fakultas
Ilmu Pendidikan bersepaham untuk menetapkan "hari lahir" Fakultas
Ilmu Pendidikan UNY ("Gatutkaca") itu sejak kelahirannya sebagai
"Jabang Tetuka" (Bagian Pedagogik), bukan sejak bernama
"Gatutkaca" (Fakultas Ilmu Pendidikan atau Fakultit Pedagogik UGM).
Jadi, disepahami bahwa tanggal 14 Agustus 1950 (de jure keberadaan Bagian
Pedagogik Fakultas SPF UGM) itulah merupakan hari lahir Fakultas Ilmu
Pendidikan UNY. Kesepahaman ini dikukuhkan dengan Ssurat Keputusan Dekan FIP
UNY tanggal 23 Desember 2010.
Kesepahaman
tersebut berdasarkan data yang ditelusur oleh Tim Pencari Data Sejarah
Kelahiran Fakultas Ilmu Pendidikan UNY yang diketuai oleh Drs. Dwi Siswoyo,
M.Hum. dengan anggota Drs. Sutiman, MPd. Dan Drs. Waluyo Adi, MPd. dalam
tanggung jawab Drs. Tatang M. Amirin, M.SI.
Dalam
Laporan Tahunan Universitit Negeri Gadjah Mada 1951/1952, halaman 17, disebutkan bahwa pembukaan perkuliahan
Fakultit Sastera, Pedagogik dan Filsafat UGM itu baru dilakukan tanggal 23
Januari 1951. Jadi, karena berbagai situasi tanah air saat itu, tidak serta
merta perkuliahan berjalan walau secara yuridis Bagian Pedagogik dan Fakultas
SPF UGM sudah berdiri.
Dalam
laporan tersebut dinyatakan pula bahwa terhitung mulai 1 Maret 1952 ke dalam
Fakultas SPF UGM ini diintegrasikan pula Akademi Pendidikan Djasmani menjadi
bagian yang disebut "Pelajaran Baccalaureat Pendidikan Djasmani."
Selanjutnya
berdasarkan Putusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, tertanggal
28 Mei 1953, Fakultas SPF UGM mendapat tambahan Balai Pendidikan dan Perancang
Pendidikan dan Pengajaran.
Dalam
Laporan Tahunan Universitit Negeri Gadjah Mada 1953/1954, halaman 9, tanggal 19
September 1954, disebutkan bahwa Fakultas SPF terbagi atas jurusan-juruan:
Sastera Timur, Sastera Barat, Sejarah, Ilmu Bumi, Pendidikan Djasmani, dan
Pedagogik.
Mulai
tanggal 15 September 1955, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan,
Pengajaran dan Kebudayaan Nomor 53759/Kab:Peraturan tentang Melengkapkan
Susunan Universitas Gadjah Mada, yang
dimuat dalam Laporan Tahunan Presiden Universitas Gadjah Mada tahun akademik
1954/1955, disebutkan bahwa Fakultas SPF dipecahkembangkan menjadi tiga
fakultas, yaitu (1) Fakultas Sastera, (2) Fakultas Filsafat, dan (3) Fakultas
Ilmu Pendidikan (dalam teks lain disebut Fakultas Pedagogik).
Jadi,
dikembangkannya Fakultas Ilmu Pendidikan UNY sekarang ini dari Bagian Pedagogik
Fakultas SPF UGM terhitung tanggal 15 September 1955, bukan tanggal 19
September 1955 seperti yang biasa diulangtahuni selama ini.
Terhitung
tanggal 19 September 1955, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan,
Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 16 September 1955 Nomor 33895/CIII
diangkatlah para ketua fakultas di lingkungan UGM. Jadi, tanggal 19 September
yang selama ini diperingati sebagai HARI KELAHIRAN FAKULTAS Ilmu Pendidikan UNY
itu yang benar adalah hari penetapan diangkatnya para dekan (ketua fakultas) di
lingkungan UGM. SK ini dibacakan Rektor UGM Prof. Dr. Sardjito dalam Rapat
Senat Terbuka UGM tanggal 19 September 1955.
Berdasarkan
penetapan ini diketahui bahwa Ketua Fakultas Pedagogik (ditulis Fakultas
Pedagogik, bukan Fakultas Ilmu Pendidikan) adalah Prof. Drs. A. Sigit.
Selanjutnya
dengan Keputusan P.J.M. Presiden No. 1/1963 dan Instruksi J.M. Menteri
Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (P.T.I.P.) dan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan (PPK) No. 32 dan
34 tahun 1964 FIP UGM, FKIP UGM dan Institut Pendidikan Guru (IPG) Surakarta
disatukan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jogjakarta.
Djurusan Psikologi dari FIP UGM memisahkan diri dan menjadi fakultas tersendiri
di lingkungan UGM. IKIP Jogjakarta diresmikan oleh J.M. Menteri Perguruan
Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 21 Mei 1964.
VISI
Fakultas
Ilmu Pendidikan yang diakui Dunia sebagai pusat pencerahan dan pembaharuan
pendidikan berbasis ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan; dan berwawasan
kebangsaan.
MISI
1. Mengembangkan
dan menjabarkan paradigma pendidikan
nasional abad XXI dan terapannya bagi FIP
sebagai inti dari pendidikan tinggi kependidikan.
2. Menyelenggarakan
pendidikan akademik dan profesional
berbasis penelitian, dalam bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal dan
informal, pendidikan luar biasa, bimbingan konseling, teknologi pendidikan,
kebijakan pendidikan serta tenaga kependidikan lain yang diperlukan lintas
satuan dan penyelenggara pendidikan.
3. Melakukan
penelitian pendidikan berorientasi penguatan konsep dan perbaikan praktik
pendidikan; serta mendiseminasi dan mempublikasikannya di tingkat lokal,
nasional, dan internasional.
4. Melaksanakan
pelayanan profesional berbasis penelitian ke masyarakat dan berbagai pihak yang
membutuhkannya, secara berkelanjutan.
5. Membina
program kemahasiswaan yang kondusif untuk pelaksanaan pendidikan akademik dan
profesional.
6. Memperkuat
kapasitas dan kinerja kelembagaan fakultas agar dapat menjalankan misi-misi
kelembagaan tridarma perguruan tinggi, secara terpadu.
TATA NILAI
Nilai-nilai
dasar yang harus mewarnai budaya fakultas :
1. Ketaqwaan
2. Kemandirian
3. Kecendekiaan
4. Kebangsaan
Nilai-nilai
instrumental (yg mendukung penanaman
nilai dasar, harus ada pada pendidik dan mewarnai budaya fakultas/satuan
pendidikan).
1. Keimanan
dalam konteks keberagaman masyarakat.
2. Kepemimpinan:
tut wuri handayani, ing madya mangun
karsa, ing ngarsa sung tulada.
3. Profesionalisme
(pemecahan masalah berbasis keahlian); kebutuhan berprestasi; dengan pendekatan
teknosains.
4. Kesadaran
jatidiri, kebanggaan berbangsa, kepekaan dan komitmen terhadap persoalan
lembaga dan persoalan kebangsaan.
Jumlah
prodi FIP :
1. Filsafat
Sosiologi dan Pendidikan
2. Kurikulum
dan Teknologi Pendidikan
3. Administrasi
Pendidikan
4. Pendidikan
Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
5. Pendidikan
Luar Biasa
6. Pendidikan
Luar Sekolah
7. Psikologi
Sekolah dan Bimbingan
TENAGA PENGAJAR FIP
1
|
Drs. Sudarmanto, M.Kes.
|
2
|
Sekar Purbarini Kawuryan, SIP.
|
3
|
E. Kus Eddy Sartono, M.Si.
|
4
|
Dra. Ernawati Budi Listyani
|
5
|
Rina Wulandari, S.Pd.
|
6
|
Dra. Murtiningsih, M.Pd.
|
7
|
Vinta Angela Tiarani, M.Si.
|
8
|
Mas Ayu Uswatun Hasanah KEPY, S.Pd.
|
9
|
Drs. Herybertus Sumardi, M.Pd.
|
10
|
Eka Sapti Cahya Ningrum, S.Pd.,M.M.
|
11
|
Muthmainah, S.Pd.
|
12
|
Drs. Purwono PA., M.Pd.
|
13
|
Ikhlasul Ardi Nugroho, S.Pd.Si.
|
14
|
Banu Setyo Adi, S.Pd.Kor.
|
15
|
Drs. Sri Rochadi, S.Pd., M.Pd.
|
16
|
Unik Ambar Wati, S.Pd.
|
17
|
Martha Christianti, S.Pd.
|
18
|
Drs. Sigit Dwi Kusrahmadi, M.Si.
|
19
|
Supartinah, S.Pd.
|
20
|
Haryani, S.Pd.
|
21
|
Nur Cholimah, M.Pd.
|
22
|
Dra. Sudaryanti, M.Pd.
|
23
|
Aprilia Tina Lidyasari, S.Pd.
|
24
|
Drs. Mardjuki, M.Si.
|
25
|
Drs. A.M. Yusuf, M.Pd.
|
26
|
Ika Budi Maryatun, S.Pd.
|
27
|
Petrus Sarjiman, M.Pd.
|
28
|
Drs. Bambang Saptono, M.Si.
|
29
|
Nelva Rolina, S.Pd.
|
30
|
Dra. Mujinem, M.Hum.
|
31
|
Drs. Anwar Senen, M.Pd.
|
32
|
Septia Sugiarsih, S.Pd..
|
33
|
Dra. Enny Zubaidah, M.Pd.
|
34
|
Rahayu Condro Murti, M.Si.
|
35
|
Fathurrohman, S.Pd.
|
36
|
Drs. Afandi, S.Pd.
|
37
|
Dr. Ali Mustadi, S.Pd., M.Pd.
|
38
|
Agung Hastomo, S.Pd.
|
39
|
Dra. Hidayati, M.Hum.
|
40
|
Safitri Yosita Ratri, S.Si.
|
41
|
Nur Hayati, S.Pd.
|
42
|
Drs. Dwi Yunairifi, M.Si.
|
43
|
Woro Sri Hastuti, S.Pd.
|
44
|
Arumi Savitri Fatimaningrum, S.Psi.
|
45
|
Dr. Harun
|
46
|
H. Sujati, M.Pd.
|
47
|
Joko Pamungkas, S.Pd.
|
48
|
Dra. Suyatinah, M.Pd.
|
49
|
Dra. Pratiwi Puji Astuti, M.Pd.
|
50
|
Dra. Yosephine Nurasih
|
51
|
Wuri Wuryandani, S.Pd.,M.Pd.
|
52
|
Drs. T. Wakiman, M.Pd.
|
53
|
Drs. Suparlan
|
( Studi Banding Pendidikan Ekonomi ke UNY )
VISI
Menjadi
fakultas ekonomi unggul dalam bidang
pendidikan dan ilmu ekonomi yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan
kecendekiaan serta berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan dan nilai
budaya luhur.
MISI
Visi
tersebut kemudian dijabarkan menjadi misi FE UNY sebagai berikut:
1. Melaksanakan
pembelajaran dalam lingkungan yang kondusif untuk membentuk sumberdaya manusia
yang memiliki komitmen dalam
mengembangkan dan menerapakan ilmu ekonomi dan pendidikan ekonomi bagi
peningkatan kesejahteraan masyarakat.
2. Melakukan
kajian, pengembangan, dan penerapan ilmu ekonomi dan pendidikan ekonomi untuk
memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat.
3. Melaksanakan
pengabdian masyarakat yang berkualitas di bidang ilmu ekonomi dan pendidikan
ekonomi, serta mengembangkan jejaring industri, pemerintah dan masyarakat.
4. Menyelenggarakan
tata kelola yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.
§ Program
Studi FE Pendidikan Akuntansi
§ Akuntansi
§ Pendidikan
Ekonomi
§ Manajemen
§ D3
Manajemen Pemasaran
§ D3
Akuntan
STRUKTUR PENGURUS FE
Dekan
FE : Dr. Sugiharsono,
M.Si.
Wakil
Dekan 1 : Dr. Moerdiyanto,
M.Pd., MM.
Wakil
Dekan 2 : Moh. Djazari, M.Pd.
Wakil
Dekan 3 : Siswanto, M.Pd.
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1
|
Naning Margasari, M.Si., MBA
NIP. 19681210 199802 2 001
|
Ketua Jurusan Manajemen
|
2
|
Agung Utama, M.Si.
NIP. 19741014 200812 1 001
|
Sekretaris Jurusan Manajemen
|
3
|
Farlianto, SE
NIP. 19700925 200012 1 001
|
Koordinator Prodi D3 Pemasaran
|
4
|
Sukirno, Ph.D.
NIP. 19690414 199403 1 002
|
Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi
|
5
|
Abdullah Taman, S.E, Akt., M.Si.
NIP. 19630624 199001 1 001
|
Sekretaris Jurusan Pendidikan
Akuntansi
|
6
|
Dhyah Setyorini, M.Si.
NIP. 19771107 200501 2 001
|
Koordinator Prodi S1 Akuntansi
|
7
|
Ani Widayati, M.Pd.
NIP. 19730908 200112 2 001
|
Koordinator Prodi D3 Akuntansi
|
8
|
Daru Wahyuni, M.Si.
NIP.
|
Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi
|
9
|
Maimun Sholeh, M.Si
NIP. 19660606 200501 1 002
|
Sekretaris Jurusan Pendidikan Ekonomi
|
3. FAKULTAS MIPA UNY
VISI
Mewujudkan
fakultas yang memiliki sistem budaya sinergis yang menghargai belajar,
nilai-nilai keadilan, kedamaian dan kesantunan serta bertanggungjawab dan
kreatif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga mampu
menghasilkan tenaga kependidikan dan non kependidikan MIPA yang berkualitas
unggul di dunia global.
MISI
1. Mengembangkan
dan memantapkan secara sistematik dan sinergik seluruh unsur fakultas, agar
tercipta sistem yang efektif dan efisien.
2. Menyelenggarakan
pendidikan dan pengajaran secara sinergik dalam bidang kependidikan dan non
kependidikan MIPA yang menghasilkan sumber daya manusia berkualitas unggul.
3. Menyelenggarakan
penelitian MIPA dan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan
hasil-hasilnya.
4. Menyelenggarakan
kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain di dalam atau di luar
negeri dalam meningkatkan sumberdaya yang bermanfaat bagi masyarakat
TUJUAN
1. Meningkatkan
kemampuan fakultas agar tercapai penyelenggaraan pendidikan MIPA yang efektif
dan efisien.
2. Menghasilkan
sumberdaya manusia yang memiliki keahlian akademik dan profesional dalam bidang
MIPA atau pendidikan MIPA.
3. Menghasilkan
penelitian MIPA dan pendidikan MIPA yang menunjang pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta menyebarluaskan hasilnya
4. Menghasilkan
program-program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang MIPA dan
pendidikan MIPA untuk memberdayakan masyarakat.
STRUKTUR ORGANISASI FE
Dekan
FE : Dr. Hartono, M.Si.
Wakil
Dekan 1 : Dr. Suyanta, M.Si.
Wakil
Dekan 2 : Drs. Juli Astono,
M.Si.
Wakil
Dekan 3 : Ir. Suhandoyo, M.S.
STAF JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA
Ketua
Jurusan Pendidikan Kimia : Dr. Hari Sutrisno, M.Si.
Sekretaris
Jurusan Pendidikan Kimia : Dr. Eli Rohaeti, M.Si
STAF JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
Ketua
Jurusan Pendidikan Biologi : Dr. Slamet Suyanto, M.Ed.
Sekretaris
Jurusan Pendidikan Biologi : Anna Rakhmawati, M.Si
STAF JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Ketua
Jurusan Pendidikan Matematika : Drs. Sugiman, M.Si.
Sekretaris
Jurusan Pendidikan Matematika: Drs. Sahid, M.Sc.
STAF JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
Ketua
Jurusan Pendidikan Fisika : Suparno, M.App.Sc.,Ph.D.
Sekretaris
Jurusan Pendidikan Fisika: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si.
4.
FAKULTAS
TEKNIK UNY
SEJARAH
Awal
berdirinya Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, dimulai dengan
dibukanya program Kursus B I/B II pada tahun 1956, yang bertujuan untuk
mempertinggi mutu pengajaran dan meningkatkan tenaga pengajar pada
sekolah-sekolah teknik seluruh Indonesia oleh Kementerian PD dan K, antara lain
ada di Bandung, Semarang dan Surabaya.
Pada
tahun 1956 kursus BI/BII Teknik dibuka di Yogyakarta dengan jurusan: (1) Mesin;
dan (2) Bangunan. Selanjutnya dengan surat keputusan Menteri PD dan K No.
82600/S tanggal 31 Agustus 1957, terhitung mulai 1 September 1957 dibuka satu
jurusan lagi yaitu Jurusan Konstruksi Jembatan. Sehingga pada tahun ajaran
1957/1958 Kursus BI/BII Teknik mempunyai tiga jurusan yaitu: (1) Jurusan Mesin;
(2) Jurusan Bangunan; dan (3) Jurusan Konstruksi Jembatan. Karena jurusan
Konstruksi Jembatan kurang peminat, maka pada tahun 1962/1963 kurusus BI/BII
teknik jurusannya diubah menjadi : (1) Jurusan Mesin; (2) Jurusan Bangunan
Gedung; dan (3) Jurusan Sipil.
Pada
tahun 1961 terjadi perubahan yang sangat mendasar bagi lembaga kursus BI/BII
dilakukan oleh Menteri PD dan K dengan
surat keputusan No. 7/1981 tertanggal 7 Februari 1961 Kursus BI/BII Teknik
berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bagian Teknik (FKIP
Bagian Teknik) yang merupakan bagian dari Universitas Gajah Mada.
Pada
Tahun 1963 dengan surat keputusan Menteri PTIP No.55 Tahun 1963, tertanggal 22
Mei 1963 menetapkan berdirinya IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta dan
IKIP Malang sejak 1 Mei 1963, dengan fakultas-fakultas sebagai berikut:
1. Fakultas
Ilmu Pendidikan;
2. Fakultas
Keguruan Ilmu Sosial;
3. Fakultas
Keguruan Sastra Seni;
4. Fakultas
Keguruan Ilmu Eksakta; dan
5. Fakultas
Keguruan Teknik.
Pada
tahun ajaran 1965/1966 Fakultas Keguruan Teknik sesuai dengan kebutuhan guru
teknik listrik, maka jurusan ditambah menjadi : (1) Jurusan Teknik Mesin; (2)
Jurusan Teknik Listrik; (3) Jurusan Teknik Gedung; dan (4) Jurusan Teknik Sipil
Sejalan
semakin meningkatnya kebutuhan tenaga guru untuk STM dan kebutuhan tenaga
instruktur di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT), maka pemerintah dengan
bantuan dana dari Proyek Bank Dunia IV, yang dimulai pada tahun 1976,
memberikan bantuan kepada FKT IKIP Yogyakarta dan FKT IKIP Padang berupa sarana
dan prasarna yang cukup memadai, yakni dengan dibangunnya kampus FKT Yogyakarta
yang baru dengan lokasi di sebelah utara Gedung Pusat IKIP Yogyakarta.
Bantuan
yang diberikan melalui Proyek Bank Dunia ke IV setidaknya ada 4 aspek yaitu:
(1) pembangunan gedung baru lengkap dengan pengadaan peralatannya yang meliputi
ruang kuliah, laboratorium dan bengkel; (2) peningkatan kompetensi dosen-dosen
melalui pelatihan-pelatihan didalam dan luar negeri; (3) dana
pengembangan/pelaksanaan program; dan (4) bantuan konsultan pendidikan.(expert dari luar negeri).
Program
utama dari bantuan Bank Dunia ke IV untuk FKT IKP Yogyakarta dan Padang adalah
dalam rangka menyiapkan guru-guru yang trampil dalam mengajar praktek di
laboratorium dan bengkel untuk STM. Sehingga kurikulum harus disesuaikan atau
berorientasi dengan kurikulum STM. Dengan program baru tersebut maka jurusan
yang ada pada FKT IKIP Yogakarta adalah sebagai berikut:
1. Jurusan
Pendidikan Teknik Elektro;
2. Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika;
3. Jurusan
Pendidikan Teknik Mesin;
4. Jurusan
Pendidikan Teknik Otomotip; dan
5. Jurusan
Pendidikan Teknik Bangunan.
Pelaksanaan
program baru ini mulai dilaksanakan pada tahun akademik 1979/1980. Sedang
secara resmi gedung baru FKT IKIP
Yogyakarta dan Padang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 14 Oktober 1981 di Yogyakarta.
Bantuan
Bank Dunia IV yang berupa proyek secara resmi berakhir pada tanggal 31 Desember
1980. Dan produk (lulusan) yang pertama adalah pada akhir tahun akademik
1982/1983. Untuk keperluan tersebut sejak awal tahun 1981 sampai akhir 1983 FKT
IKIP Yogyakarta dan Padang memperoleh bantuan dari UNDP yang berupa hibah
(grant). Bantuan UNDP ini akhirnya dapat diperpanjang sampai akhir 1984.
Berdasar
atas Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
No.0141/O/1983 tanggal 5 Maret 1983, serta No.0554/O/1983, nama FKT diganti
menjadi FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan). Bersamaan dengan itu
juga Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang sebelumnya berada
dibawah Fakultas Ilmu Pendidikan, berintegrasi di bawah Fakultas Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan dengan dua program studi yaitu Program Studi Tata Boga
dan Tata Busana. Dengan demikian sejak saat itu FPTK mempunyai 6 Jurusan yaitu:
1. Jurusan
Pendidikan Teknik Elektro;
2. Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika;
3. Jurusan
Pendidikan Teknik Mesin;
4. Jurusan
Pendidikan Teknik Otomotip;
5. Jurusan
Pendidikan Teknik Bangunan; dan
6. Jurusan
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Setelah
berakhirnya bantuan dari Bank Dunia, FPTK IKIP Yogyakarta masih diberi
kesempatan mendapat bantuan dari UD-3 yang berupa bantuan operasional, dimulai
dari tahun 1986 sampai 1991. Kini FT UNY telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu
dengan diraihnnya sertifikat ISO-9001: 2008. Dengan Sertifikat ISO 9001:2008
tersebut, manajemen FT UNY siap untuk mendukung program “UNY go International”
dengan mulai menyiapkan cetak biru (blue print) untuk menuju World Class
University.
VISI
Jangka
Panjang
Pada
tahun 2024 menjadi Fakultas yang unggul di bidang pendidikan teknologi dan
kejuruan berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
Jangka
Menengah (2010-2014)
Menghasilkan
sarjana pendidikan dan tenaga ahli madya bidang teknologi dan kejuruan yang
profesional berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan sesuai dengan
tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi era global.
MISI
(1).
Menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang
pendidikan teknologi dan kejuruan yang didukung bidang nonkependidikan untuk
menghasilkan lulusan unggul berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan
kecendekiaan.
(2).
Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang kependidikan dan
nonkependidikan.
(3).
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong
pengembangan potensi masyarakat dan lingkungan untuk mewujudkan kesejahteraan
masyarakat.
(4).
Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang baik, bersih dan akuntabel.
(5).
Mengembangkan berbagai sumber daya dan kerjasama untuk mendukung pencapaian
visi fakultas teknik.
KEBIJAKAN MUTU
Fakultas
Teknik Universitas negeri Yogyakarta bertekad untuk meningkatkan mutu
pendidikan dan pengajaran secara terus menerus, melalui:
1. Peningkatan
pemerataan kesempatan dan mutu masukan melalui seleksi jalur bibit unggul
dengan memperluas cakupan dan wilayah sekolah.
2. Peningkatan
relevansi dan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran mencakup:
o
Peningkatan mutu kurikulum melalui
evaluasi silabi dan lembar kerja serta penyediaan sarana dan prasarana yang
memadai.
o
Peningkatan mutu sarana dan prasarana
belajar mengajar berdasarkan evaluasi efektifitas pemakaian dengan memperhatikan use factor dan
kepadatan hunian, melakukan perawatan secara teratur dan perbaikan dengan
melibatkan unit produksi.
o
Peningkatan evaluasi program mengacu
rencana tahunan dan evaluasi diri.
o
Peningkatan manajemen pendidikan dan
pemanfaatan jaringan informasi dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran
serta pelayanan kepada mahasiswa.
3. Peningkatan
indeks prestasi lulusan, penurunan lama studi, dan peningkatan kecepatan
memperoleh pekerjaan.
4. Peningkatan
kompetensi dosen, tenaga
administratif fakultas dan teknisi.
5. Memberikan
pemahaman dan kesadaran terhadap dosen, pegawai administratif, teknisi dan semua orang yang terlibat dalam proses
belajar mengajar mengenai pentingnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran
yang bermutu.
Oleh
karenanya mereka senantiasa dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai
agar mampu bertindak pada setiap kesempatan yang ada dalam kontribusinya
terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran secara terus
menerus.Kebijakan mutu ini akan selalu dievaluasi secara terus menerus sesuai
perkembangan kegiatan dalam upaya untuk mencapai kepuasan pelanggan.
5, FAKULTAS
ILMU KEOLAHRAGAAN UNY
SEJARAH
Fakultas
Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) memiliki perjalanan
hidup yang cukup panjang. Apabila diibaratkan sebagai manusia, FIK UNY sudah
memasuki usia paruh baya. Suatu masa yang menunjukkan kematangan jiwa dan raga.
Walaupun demikian, FIK UNY masih terus mengembangkan diri dan selalu berupaya
untuk menggapai prestasi.
Sejarah
FIK UNY dimulai dengan Keputusan Menteri PD & K nomor 6216/B tanggal 9
Agustus 1950 tentang pendirian Akademi Pendidikan Djasmani (APD) dipimpin oleh
W de Baan, dan AR. Tampenawas. Akademi ini menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani
dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat,
Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 Oktober 1951. Tanggal 19 September 1955,
Bagian Pedagogik Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM berubah menjadi
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang memiliki Bagian Pendidikan dan Pendidikan
Jasmani. Fakultas Ilmu Pendidikan UGM berubah menjadi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (FKIP) UGM pada tanggal 1 September 1961. Tanggal 1 September
1962, Jurusan Pendidikan Jasmani FKIP UGM berkembang menjadi Fakultas
Pendidikan Djasmani (FPD) UGM dengan Dekan Arma Abdoellah, M.Sc.
Fakultas
Pendidikan Djasmani UGM berkembang menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO)
Yogyakarta dengan Ketua Arma Abdoellah, M.Sc. berdasarkan Keputusan Presiden RI
nomor 23 tahun 1963. Tanggal 22 Februari 1977, STO Yogyakarta berintegrasi dengan
IKIP Yogyakarta menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan IKIP Yogyakarta.
FKIK berganti nama menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK)
IKIP Yogyakarta pada tahun 1981.
Seiring
dengan perluasaan mandate IKIP menjadi Universitas, maka IKIP Yogyakarta
menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Pendidikan Olahraga dan
Kesehatan sebagai bagian dari IKIP Yogyakarta berganti nama menjadi Fakultas
Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY). Pergantian ini
terjadi pada tahun 1998.
Akhirnya
dalam kesempatan reuni FIK 2007 ini dihasilkan kesepatakan antara pelaku
sejarah di FIK, bahwa berdirinya FIK UNY ditetapkan pada tanggal 1 Oktober 1951
bersamaan dengan masuknya Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada
Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada.
VISI
Visi
Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY tahun 2009 sampai dengan 2010; FIK UNY mampu
menjadi lembaga yang menghasilkan Insan Olahraga yang kreatif, sportif dan
adaptif.
MISI
1. Moral
dan daya tanggap mahasiswa terhadap perubahan.
2. Mengembangkan
penelitian Inovatif dan futuristik, yang mendukung pengembangan proses
pembelajaran dan Iptek serta peningkatan perilaku ilmiah civitas akademika.
3. Melakukan
pengabdian pada masyarakat berdasar hasil penelitian , sesuai dengan kebutuhan
dan perubahan masyarakat.
4. Memantapkan
pengelolaan lembaga yang sinergis dan rapi.
6. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY
SEJARAH
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan
pengembagnan dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY. FIS merupakan pengembangan
dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Institut Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta. IKIP Yogyakarta lahir berdasarkan Keputusan
Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 55 tahun 1963,
tanggal 22 Mei 1963.
Salah
satu fakultasnya adalah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKIS) yang
diresmikan oleh Menteri PTIP tanggal 21 Mei 1964. Keputusan ini dikuatkan
dengan Keputusan Presiden RI Nomor 268 Tahun 1965, tanggal 14 September 1965.
Dalam rangka memantapkan fungsi keguruan di bidang Ilmu Sosial , rektor IKIP
Yogyakarta mengeluarkan surat Keputusan Nomor 05 tahun 1965 yang isinya antara
lian pergantian nama FKPS menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS).
Untuk
menekankan ciri kependidikannya maka berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 54
tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 tentang susunan organisasi IKIP
Yogyakarta FKIS berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
(FPIPS).
Selaras
dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dan tuntutan
dunia kerja, IKIP Yogyakarta dikembangkan menjadi Universitas Negeri Yogyakarta
(UNY) berdasarkan keputusan Presiden RI
Nomor 93 tahun 1999, tanggal 4 Agustus 1999. Hal ini diikuti dengan perubahan
nama fakultas di lingkungan UNY, FPIPS berubah menjadi FIS, yang disahkan
berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 274/0/1999 tentang
Organisasi dan Tata Kerja UNY. Dengan perubahan nama tersebut, FIS berwenang
menyelenggarakan program studi bidang keguruan dan non keguruan.
Upaya
perubahan dan pengembangan terus dilakukan untuk memenuhi tuntutan masyarakat.
Oleh karena itu diusulkan perubahan nama FIS menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan
Ekonomi (FISE). Berdasarkan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional RINomor 12
Tahun 2006 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Yogyakarta, FIS
berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE).
Berdasarkan
perjalanan sejarah kelembagaan tersebut, senat FIS UNY menetapkan tanggal 14
September 1965 sebagai hari jadi FISE UNY. Penetapan tanggal ini diambil dari
landasan yuridis formal surat keputusan Presiden RI tentang penguatan dan pengesahan berdirinya IKIP
Yogyakarta, tanggal 14 September 1965.
VISI
Menciptakan
lulusan yang memiliki kecerdasan dan kearifan sosial yang berdimensi moralitas
religius dalam menghadapi tuntutan dunia global.
MISI
1. Menyelenggarakan
pendidikan akademik dan/atau profesional dalam bidang keguruan.
2. Menumbuhkembangkan
kemampuan meneliti bagi dosen untuk mengembangkan IPTEKS.
3. Menyelenggarakan
pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan
bagi kehidupan masyarakat
TUJUAN
1. Menghasilkan
tenaga guru yang kompeten dan profesional dalam bidang sosial dan ekonomi.
2. Menghasilkan
tenaga ahli yang profesional di bidang ilmu sosial dan ekonomi.
3. Menghasilkan
tenaga ahli madya yang profesional.
4. Menumbuhkembangkan
kemampuan melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
7. FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNY
VISI
Visi
FBS
Tahun
2014 FBS menjadi fakultas yang unggul dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang
memiliki jati diri kependidikan dan mampu menghasilkan tenaga akademik dan
profesional yang bernurani, cendekia, dan mandiri.
MISI
1. Menyiapkan
mahasiswa menjadi manusia Indonesia seutuhnya (bernurani, cendekia, dan
mandiri) sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang secara khusus memiliki
kemampuan akademik dan profesional dalam bidang Pendidikan Bahasa (Bahasa dan
Sastra) dan Seni.
2. Mengembangkan
dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Bahasa dan Seni
serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan
memperkaya kebudayan nasional.
3. Mempersiapkan
dan meningkatkan keahlian tenaga ahli kependidikan dan nonkependidikan, mengembangkan
ilmu Pendidikan Bahasa dan Seni, mengamalkan serta menyebarluaskan kepada
masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah berdasarkan ketentuan/peraturan
yang berlaku.
4. Menyelenggarakan,
membina, dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesional dalam bidang
bahasa, seni, dan penelitian dalam rangka pemeliharaan, penerapan, dan
pengembangan ilmu.
5. Menyelenggarakan,
membina, dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka
meningkatkan kehidupan manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya
dalam bidang bahasa dan seni.
TUJUAN
1. Menghasilkan
lulusan sebagai manusia Indonesia seutuhnya (bernurani, cendekia, dan mandiri)
sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional dalam bidang Pendidikan Bahasa dan
Seni.
2. Menghasilkan
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Bahasa dan Seni untuk meningkatkan
taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
3. Menghasilkan
tenaga ahli kependidikan dan nonkependidikan dalam bidang Bahasa dan Seni yang
mampu mengembangkan dan menyebarluaskan kepada masyarakat.
4. Terselenggaranya
pembinaan dan pengembangan pendidikan akademik dan profesional dalam bidang
bahasa dan seni dan penelitian dalam rangka pemeliharaan, penerapan, dan
pengembangan ilmu.
5. Terselenggaranya
pembinaan dan pengembangan masyarakat dalam rangka meningkatkan kehidupan
manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya dalam bidang Bahasa
dan Seni.
8. FAKULTAS PASCA SARJANA UNY
SEJARAH
Sebagai
embrio Program Pascasarjana UNY, Program Pascasarjana IKIP Yogyakarta mulai
dirintis tahun 1981. Pada saat itu lembaga ini merupakan Kegiatan Pengumpulan
Kredit (KPK) yang berafiliasi dengan Program Pascasarjana IKIP Jakarta.
Satu-satunya prodi yang dikembangkan pada saat iitu adalah Prodi S2 Penelitian
dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Tahun 1983 lembaga ini mulai membuka Prodi S2
Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK).
Program
Pascasarjana IKIP Yogyakarta baru memperoleh pengesahan sebagai lembaga mandiri
pada tanggal 16 Juni 1993 melalui SK Dirjen Dikti Depdikbud No:
432/DIKTI/Kep1993 dengan 2 prodi, yakni S2 PEP dan S2 PTK. Dalam waktu tak
lebih dari 7 tahun hingga tahun 2000, PPS IKIP Yogyakarta berhasil menambah 3
prodi baru, yakni Prodi S2 Pendidikan Luar Sekolah, Prodi S2 Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Prodi S2 Manajemen Pendidikan.
Seiring
dengan perluasan mandat dari IKIP menjadi universitas pada tahun 2000, maka
Program Pascasarjana IKIP Yogyakarta pun mengalami perubahan nama menjadi Program
Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalam
kurun waktu 5 tahun hingga 2005, PPS UNY membuka 10 prodi-prodi baru baik pada
jenjang S2 maupun S3 (Program Doktor). Prodi-prodi yang dibuka pada kurun ini
adalah: Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Prodi S2 Linguistik
Terapan, Prodi S2 Teknologi Pembelajaran, Prodi S3 Pendidikan Teknologi
Kejuruan, Prodi S2 Pendidikan Sains, Prodi S2 Pendidikan Matematika, Prodi S2
Pendidikan Sastra Anak, Prodi S2 Ilmu Keolahragaan, Prodi S2 Pendidikan Dasar
dan Prodi S3 Ilmu Pendidikan.
Secara
keseluruhan pada tahun 2009 PPS UNY memiliki 15 Prodi, 3 pada jenjang S3 dan 12
pada jenjang S2.
VISI
Menjadi
Program Pascasarjana yang unggul dalam penelitian pengembangan dan penerapan
ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan insan cendekia, mandiri, dan
bernurani
\
MISI
1. Menyelenggarakan
DIKJAR yang menghasilkan Insan Cendekia,
Mandiri, dan Bernurani.
2. Melaksanakan
penelitian yang menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
3. Memberikan
layanan kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian
4. Membangun
dan mengembangkan kerjasama secara nasional dan internasional
5. Mengembangkan
metodologi penelitian, evaluasi, dan pengujian pendidikan.
6. Mengembangkan
pusat informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta metodologinya.
7. Memperkuat
kelembagaan pascasarjana.
PROFIL
Profil
Singkat Program Pasca Sarjana
Universitas Negeri Yogyakarta adalah unit pendidikan setara fakultas yang
diberi mandat untuk Mengelola program studi berjenjang S2 (magister) dan S3
(doktoral) untuk bidang-bidang ilmu yang dikembangkan oleh Universitas Negeri
Yogyakarta. Direktur PPS bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Negeri
Yogyakarta. Hingga tahun 2007 PPS UNY telah mengembangkan 15 prodi. Tiap tahun
PPS UNY melayani sekitar 2000 mahasiswa, diantaranya mahasiswa internasional
yang belajar di PPS UNY.
Dalam
pelaksanaan akademik, PPS UNY melibatkan tidak kurang dari 100 dosen dengan
kuaifikasi doktor dan profesor. Tenaga pengajar tersebut mayoritas berasal dari
fakultas- fakultas dalam lingkup UNY sendiri, tetapi untuk mata kuliah tertentu
PPS menghadirkan dosen dari universitas atau lembaga lain di luar UNY. Pimpinan
PPS Program Pasca Sarjana UNY dipimpin oleh seorang Direktur, dan dibantu oleh
2 orang Asisten Direktur.
Asisten
Direktur 1 bertanggung jawab terhadap urusanakademik, sedangkan Asisten
Direktur 2 bertanggung jawab mengenai persoalan administrasi umum, termasuk
kepegawaian dan keuangan. Untuk mengelola urusan-urusan akademik, setiap
program studi dipimpin oleh seorang Ketua Prodi yang dibantu oleh seorang
Sekretaris Prodi. KAMPUS PPS UNY Kampus PPS UNY terletak tepat di
belakanggedung rektorat UNY, di Jl. Gejayan, Karangmalang Yogyakarta. Kampus
ini dinilai strategis karena berada di dekat berbagai sarana publik yang penting
bagi mahasiswa.
Letak
yang Strategis PPS UNY berada di lokasi yang sangat strategis karena tidak
terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya sekitar 20 menit dari airport,
20 menit dari terminal bus dan 10 menit dari stasiun KA. Berbagai sarana
transportasi menuju dan dari kampus sangat mudah diakses. Berbagai sarana
publik tersedia di sekitar kampus, mulai dari hotel, penginapan, rumah kost,
toko buku, wartel, warnet, bank, ATM, kantor post, gerai belanja, rumah makan.
BAB II
PEMBAHASAN
HASIL KUNJUNGAN (PKL) MAHASISWA UNSRI DI UNIVERSITAS NEGERI
YOGYAKARTA
Pada tanggal 4 Mei 2012, mahasiswa Universitas Sriwijaya
mengadakan PKL. Tepatnya ke Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan itu dalam
rangka pengenalan sistem manajemen dan siatem akuntansi dari UNY kepada
mahasiswa UNSRI. Dari kunjungan tersebut brhasil diketahui beberapa hal, antara
lain:
Tiba di Fakultas Ekonomi UNY, kami disambut dengan ramah
oleh para Mahasiswa UNY untuk mengikuti diskusi seputar silabus mata kuliah
Sistem Akuntansi yang ada di UNY dan di UNSRI. Diskusi dibuka dengan kata
sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi UNY Bapak Dr. Sugiharsono, M.Si. dan
dihadiri Wakil Dekan 1 Bapak Dr. Moerdiyanto, M.Pd., MM., Wakil Dekan 2 Bapak
Moh. Djazari, M.Pd. serta Wakil Dekan 3
yang paling muda Bapak Siswanto, M.Pd. dan Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi
Bapak Sukirno, Ph.D. , Sekretaris Jurusan Pendidikan Akuntansi Bapak Abdullah
Taman, S.E, Akt., M.Si. dan Sekretaris Jurusan Manajemen Bapak Agung Utama,
M.Si.
( Ibu Dewi Pratita, Dekan FE UNY, Ibu Yulia, Wakil
Dekal 1 )
( Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan )
Adapun pertanyaan dari salah satu anggota kelompok kami
“Muallimin”
Apakah yang membedakan kelas internasional dan kelas
regular? Kenapa harus dipisah? Bisakah bapak memberitahu kami bagaimana
kelebihan dan kekurangan dari kedua kelas tersebut? Terima kasih.
Setelah diskusi selesai, kami pun dibagi berdasarkan nim
untuk mengamati kegiatan perkuliahan, media pembelajaran yang digunakan pada
Fakultas Ekonomi khususnya pada Sistem Akuntansi. Dengan di bombing Mahasiswa
UNY, kami berkeliling melihat ruang-ruang pembelajaran. Yang pertama yang
dijumpai adalah Laboratorium Komputer Akuntansi.
* bersambung udah jam 2 pagi tidur *
* sambungan... (lama banget gue nyambungnya) hhha *
ga bisa disambung lagi gatau kelamaan ga di update kali yaaa kesimpen di draft!
Aaaaaa yaudah deh singkatny aj itu laporan ya..
selebihny kalo mau minta email aj gue B-)
* sambungan... (lama banget gue nyambungnya) hhha *
ga bisa disambung lagi gatau kelamaan ga di update kali yaaa kesimpen di draft!
Aaaaaa yaudah deh singkatny aj itu laporan ya..
selebihny kalo mau minta email aj gue B-)
2 komentar:
apakah selama PKL, kamu menemukan makna dari PKL itu?
Thanks for nice information, please visit our web :
Adityo
Adityo
Posting Komentar